Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Aman Melakukan Perjalanan Dinas di Tengah Pandemi

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi Jum'at, 18 September 2020 | 15:34 WIB

Tips Aman Melakukan Perjalanan Dinas di Tengah Pandemi
Ilustrasi kamar hotel. (Pixabay)

Anda wajib melakukan perjalanan dinas di tengah pandemi Covid-19? Simak tips aman melakukannya berikut ini.

SuaraJakarta.id - Anda wajib melakukan perjalanan dinas di tengah pandemi Covid-19? Simak tips aman melakukannya berikut ini.

DKI Jakarta kembali memperketat Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 14 September 2020 hingga dua minggu ke depan.

Aturan ini tentu saja berdampak pada traveling, beberapa jadwal liburan terpaksa harus dibatalkan karena dikhawatirkan menyulitkan saat melakukan perjalanan.

Namun bagi Anda yang ingin melakukan staycation atau work from hotel karena perjalanan dinas, tak perlu panik. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan selama traveling agar tetap aman, seperti dirangkum dalam rilis RedDoorz yang diterima suara.com, Jumat (18/9/2020).

1. APD extra

Saat hendak bepergian, selain syarat-syarat dokumen untuk traveling, pastikan Anda telah mempersiapkan alat perlindungan diri (APD) yang lengkap, seperti hand sanitizer, masker, face shield, serta sarung tangan.

Sebaiknya gunakan masker yang memiliki tiga lapis perlindungan. Bawalah beberapa cadangan untuk memastikan perlindungan lebih terhadap diri Anda.

Tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga jarak aman saat berada di tempat-tempat keramaian, seperti bandara, stasiun dan terminal.

2. Pilih penginapan dengan higienitas tersertifikasi

Pilihlah akomodasi yang telah memiliki program kebersihan yang telah terstandarisasi oleh ahlinya. Program HygienePass RedDoorz, program sertifikasi untuk sanitasi hotel atau akomodasi yang berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

Program ini untuk memastikan higienitas dan sanitasi benar-benar diimplementasikan di seluruh properti penginapan, agar risiko penyebaran Covid-19 menjadi rendah. Program ini telah menjangkau lebih dari 400 mitra properti di seluruh Indonesia.

3. Rumah sakit terdekat

Pastikan Anda mengetahui lokasi rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan terdekat dengan tempat Anda menginap. Sehingga, saat Anda merasakan gejala sakit, Anda tidak panik dan bisa langsung menuju lokasi rumah sakit tersebut.

4. Bawa perlengkapan makan serta obat-obatan pribadi

Walaupun layanan pesan antar diperbolehkan beroperasi selama PSBB ke akomodasi tempat Anda menginap menyediakan layananan makanan.

Tapi jangan lantas membuat Anda kendor untuk meproteksi diri. Pelengkapan makan pribadi dan obat-obatan pribadi sangat disarankan untuk dibawa saat Anda berpergian di tengah situasi pandemi ini.

5. Pilih tempat pertemuan di ruang terbuka

Jika perjalanan dinas melibatkan pertemuan dengan beberapa relasi, usahakan untuk memilih tempat pertemuan di ruang terbuka atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Usahakan untuk tidak membuka masker atau APD Anda guna menjaga keselamatan dan kesehatan Anda dan orang sekitar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait