Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Geger Suara Dentuman Misterius di Jakarta, Ini Hasil Pengecekan Polisi

Bangun Santoso | Yosea Arga Pramudita Senin, 21 September 2020 | 10:05 WIB

Geger Suara Dentuman Misterius di Jakarta, Ini Hasil Pengecekan Polisi
Polisi patroli mencari suara dentuman. (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Usai terdengar dua kali suara dentuman misterius itu, polisi melakukan pengecekan dan penyisiran di sejumlah titik di Jakarta

SuaraJakarta.id - Suara dentuman mirip ledakan dilaporkan terdengar oleh sebagian orang di sekitar Jakarta Selatan pada Minggu (20/9/2020) sekitar pukul 19.30 WIB. Sontak, kejadian itu sempat menghebohkan warga sekitar.

Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Effi Zulkifli mengatakan, hingga hari ini, Senin (21/9/2020), belum ada laporan dari masyarakat terkait sumber bunyi tersebut. Sebab, kata dia, tidak semua warga mendengar dentuman tersebut.

"Belum ada nih yang laporan. Malam kami sampai jam 1 ngecek sampai Pasar Minggu tidak ada," kat Effi saat dikonfirmasi, Senin (21/9/2020).

"Kami cari sumber suara. Warga ada yang tahu atau tidak. Warga ada yang dengar dan enggak. Kayak di Mako Marinir tidak dengar. Kompleks Antam dengar. Kalibata BIN dengar katanya, jauh katanya," katanya.

Effi meminta masyarakat yang mengetahui ihwal suara dentuman ini untuk segera melapor. Jika ada yang mengahui, pihaknya akan melakukan pengecekan.

"Kami dari kepolsian minta peran serta masyarakat, kalau tahu infonya dari mana, nanti kami cek," ucap Effi.

Terpisah, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membenarkan telah terjadi suara dentuman yang dilaporkan oleh sebagian orang di sekitar Jakarta Timur hingga Jakarta Selatan pada Minggu (20/9/2020) sekitar pukul 19.30 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hingga kini pihaknya belum mengetahui pasti sumber suara dentuman misterius itu, sebab tidak ada aktivitas kegempaan di sekitar Jakarta.

"Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," kata Daryono saat dihubungi Suara.com, Minggu (20/9/2020).

Namun, tercatat ada beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB yang terdeteksi alat lightning detector BMKG.

Daryono tidak ingin berspekulasi terlalu dini terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur, namun berdasarkan hasil pemantauan tersebut dugaan sementara suara berasal dari petir di Gunung Salak, Bogor.

"Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," ucapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait