Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Duh, Hasil Tes Swab di Kabupaten Bogor Bisa Sampai 3 Minggu

Rizki Nurmansyah Senin, 28 September 2020 | 15:37 WIB

Duh, Hasil Tes Swab di Kabupaten Bogor Bisa Sampai 3 Minggu
Seorang jurnalis melakukan tes swab di Gedung DPRD Kabupaten Bogor., Senin (28/9/2020). [Suara.com/Andi Ahmad Sulaendi]

Sebanyak 24 jurnalis jalani tes swab usai sempat kontak erat dengan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto yang positif Covid-19.

SuaraJakarta.id - Sebanyak 24 jurnalis dari berbagai media di Bogor, Jawa Barat, telah menjalani tes swab di Gedung DPRD Kabupaten Bogor hari ini, Senin (28/9/2020). Hasil tes baru diketahui tiga minggu lagi.

Selain para jurnalis, tes swab juga dilakukan anggota Satpol PP Kabupaten Bogor. Mereka melakukan swab test lantaran sempat kontak erat dengan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto yang positif Covid-19.

Salah satu staf Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Oki Bagus mengatakan, hasil swab para jurnalis dari berbagai media akan diketahui tiga minggu lamanya.

Menurutnya, saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat menerima per harinya hasil swab sebanyak 2.020 dari 101 puskesmas yang ada.

"Satu puskesmas itu rata-rata menyerahkan per harinya hasil swab sebanyak 20, jika dikali 101 puskesmas ada sebanyak 2.020 per harinya, sedangkan kapasitas per hari di laboratorium itu hanya 200 sampel," katanya usai melaksanakan swab test kepada para jurnalis di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Senin (28/9/2020).

Lamanya hasil swab dikeluhkan para jurnalis. Salah satunya dari Ketua Kelompok Wartawan DPRD Kabupaten Bogor, Saeful Ramdhan.

Ia mengatakan, hasil tersebut dikeluhkan oleh para jurnalis karena dinilai terlalu lama. Ia meminta kepada Pemkab Bogor agar hasil swab tersebut diketahui secepat mungkin.

"Ketua dewan dan wakil bupati bisa tiga hari selesai, masa kita begitu lamanya menunggu hasilnya keluar sampai tiga minggu. Kami meminta secepat mungkin hasilnya keluar," tegasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto (kanan) dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan saat melaksanakan rapat paripurna, Jumat (25/9/2020) pagi tadi. [Dok. Diskominfo]
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto (kanan) dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan saat melaksanakan rapat paripurna, Jumat (25/9/2020) pagi tadi. [Dok. Diskominfo]

Ditempat yang sama, Kasubag Humas Protokol dan Publikasi DPRD Kabupaten Bogor, Sujana mengatakan, hari ini ada sebanyak 24 jurnalis dari berbagai media menjalani swab test, dan sisanya yakni dari anggota Satpol PP Kabupaten Bogor.

"Ada 24 jurnalis dan ada juga anggota Satpol PP Kabupaten Bogor yang menjalani swab test, karena sempat kontak erat dengan ketua dewan (pasien corona)," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait