Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pertimbangkan Situasi Pandemi COVID-19, Gaikindo Jakarta Auto Week Ditunda

RR Ukirsari Manggalani Sabtu, 17 Oktober 2020 | 10:40 WIB

Pertimbangkan Situasi Pandemi COVID-19, Gaikindo Jakarta Auto Week Ditunda
Sejumlah pengunjung menghadiri pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Sebagai ilustrasi lokasi di JCC dan acara ini digelar sebelum PSBB dan lockdown Ibu Kota Jakarta [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sedianya, acara berlangsung November 2020, namun ditangguhkan karena alasan ini.

SuaraJakarta.id - Gaikindo atau Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia berkomitmen untuk terus menjalankan upaya pemulihan industri otomotif di bawah arahan pemerintah, termasuk rencana penyelenggaraan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) di akhir 2020.

Namun, ditekankan bahwa Gaikindo tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam setiap upayanya memulihkan industri otomotif Indonesia.

Kondisi pandemi COVID-19 yang belum stabil dan kondusif, khususnya bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya, serta pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Total Jilid II yang kini menjadi PSBB Transisi di Jakarta telah memberikan dampak pada berkurangnya waktu persiapan GJAW, dan dirasa penyelenggaraannya di akhir November ini tidak akan berlangsung secara maksimal.

Atas dasar itu, Gaikindo mengambil keputusan untuk menunda penyelenggaraan GJAW. Gaikindo memindahkan waktu pelaksanaan menjadi 9 – 17 Januari 2021.

Sejumlah pengunjung menghadiri pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (5/3). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, yang digelar sebelum masa lockdown dan PSBB  [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Menjadi tanggung jawab Gaikindo agar penyelenggaraan pameran ini dapat berlangsung baik, aman dan lancar. Pameran pada saat ini menjadi penting karena menandai titik kebangkitan industri otomotif Indonesia," papar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo dalam keterangan tertulisnya.

Dengan waktu penyelenggaraan baru ini, Gaikindo siap memaksimalkan penyelenggaraan GJAW sebagai sebuah pameran yang bakal menciptakan potensi penjualan mobil secara masif, dan menjadi ajang memperkenalkan produk baru.

"Jika tidak ada aral melintang, Gaikindo Jakarta Auto Week akan jadi pameran otomotif pertama yang berlangsung setelah hampir semua event otomotif ditangguhkan pada 2020. Kami meyakini penyelenggaraanya akan menjadi momentum yang sangat baik dan sangat ditunggu baik dari para merek serta juga masyarakat yang pasti sudah sangat kangen dengan suasana pameran otomotif," ungkap Rizwan Alamsjah selaku ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Rizwan melanjutkan bahwa penekanannya adalah jika kondisi pandemi COVID-19 sudah dapat diatasi dan kesehatan dan keamanan masyarakat terjamin, maka dipastikan GJAW akan dilangsungkan awal 2021 nanti.

Berlangsung selama sembilan hari, Gaikindo Jakarta Auto Week akan mengambil tempat di JCC, yang berada di area strategis Jakarta yang mudah dijangkau. GJAW juga akan diramaikan dengan berbagai program yang direncanakan untuk mendongkrak penjualan yang terjadi selama pameran.

Dan selama pameran tentu akan menjalankan protokol kesehatan COvID-19 yang telah ditentukan.

"Pameran tentu akan menjalankan protokol pengamanan COVID-19, yang termasuk juga meminimalkan kontak langsung," tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait