alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gubernur dan Wagub DKI Positif Corona, Kemendagri: Tak Perlu Diganti

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari Selasa, 01 Desember 2020 | 13:16 WIB

Gubernur dan Wagub DKI Positif Corona, Kemendagri: Tak Perlu Diganti
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan saat tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

Kepastian Anies Baswedan positif Covid-19 berdasar hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa (1/12/2020) dini hari

SuaraJakarta.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19. Meski begitu, posisi mereka tidak perlu digantikan oleh penjabat sementara (Pjs).

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik mengatakan, tidak perlu sampai ada penjabat sementara atau Pjs ketika Anies-Riza positif terpapar Covid-19. Sebab, mereka masih bisa bekerja, meski tengah menjalani isolasi mandiri.

"Beliau berdua kan masih bisa bekerja secara virtual," kata Akmal saat dikonfirmasi Suara.com, Selasa (1/12/2020).

Selain itu, Akmal juga menyempatkan untuk mendoakan Anies dan Riza agar kunjung sembuh.

Baca Juga: Gubernur dan Wagub DKI Positif Corona, Kemendagri: Tak Perlu Ada Pjs

"Semoga beliau berdua lekas sembuh," ujarnya.

Kepastian Anies Baswedan positif Covid-19 berdasar hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa (1/12/2020) dini hari.

Sehari sebelumnya, Gubernur Anies melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta. Pada Rabu (25/11/2020), Anies juga telah melakukan tes usap PCR rutin dan saat itu hasilnya juga negatif.

Selang empat hari kemudian, atau tepatnya usai Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif Covid-19, Anies juga sempat melakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif.

Beberapa hari sebelumnya, Anies diketahui intens bertemu dengan wakilnya untuk rapat berdua.

Baca Juga: Anies Baswedan Asimptomatik Covid-19, Seberapa Tinggi Risiko Menularkan?

Terkait kondisi kesehatannya, Anies menyebut saat ini dalam keadaan baik dan tanpa gejala.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020) pagi.

Saat ini, kata dia, seluruh kontak erat, baik keluarga maupun staf yang ada di kantor, telah dilakukan tes usap PCR.

“Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” ujarnya.

Dia juga berharap, agar semua orang yang pernah berinteraksi selama beberapa hari terakhir, untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR.

“Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test. Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan,” tambahnya.

Meski dinyatakan positif dan tanpa gejala, Anies akan tetap memimpin rapat-rapat yang telah dijadwalkan. Dan akan dilakukan secara virtual.

“Saya akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, mengungkapkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria positif terpapar covid-19, tapi tanpa adanya gejala. Menurutnya, kondisi Ariza dalam keadaan sehat.

"(Wagub Ariza) tidak ada gejala," kata Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

Menurutnya, Riza kini masih terus dalam pantauan dan penanganan tim dokter. Dinas Kesehatan DKI akan terus melakukan pengawasan terhadap politisi Partai Gerindra tersebut.

"Sejauh (Wagub Riza) ini relatif aman terkendali," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait