facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Kerumunan Malam Tahun Baru, Sudirman-Thamrin dan BKT Disterilkan

Rizki Nurmansyah | Bagaskara Isdiansyah Rabu, 30 Desember 2020 | 17:30 WIB

Cegah Kerumunan Malam Tahun Baru, Sudirman-Thamrin dan BKT Disterilkan
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (kanan) dalam konferensi terkait Car Free Night dan Crowd Free Night pada Malam Tahun Baru di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2020). [Suara.com/Bagaskara Isdiansyah]

Penerapan kebijakan tersebut akan dilakukan tanggal 31 Desember 2020, mulai pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB.

SuaraJakarta.id - Polda Metro Jaya akan menerapkan Car Free Night plus Crowd Free Night di dua titik di DKI Jakarta pada saat malam pergantian Tahun Baru 2021.

Dua titik itu yakni di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan kawasan Banjir Kanal Timur (BKT).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penerapan kebijakan tersebut akan dilakukan tanggal 31 Desember 2020, mulai pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB.

"Pelaksanakan car dan crowd free night dilaksanakan 2 ruas jalan utama yaitu Sudirman-Thamrin dan BKT," kata Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga: Mahfud MD: Rizieq Jadi Tersangka Murni Pidana Bukan Kriminalisasi Ulama

Sambodo menjelaskan, pada pelaksanaan car free night nantinya kendaraan baik roda empat maupun roda dua akan dilarang melintas. Termasuk juga para pesepeda.

"Crowd free night berarti tidak ada kerumunan di Sudirman-Thamrin tidak boleh dilalui pejalan kaki, pesepeda dan sebagainya. Kita betul-betul akan memalukan sterilisasi di Jalan Sudirman-Thamrin dan jalan BKT," tuturnya.

Sementara itu, untuk wilayah lainnya di Jakarta, Sambodo mengatakan, pihaknya akan melakukan patroli skala besar akan membubarkan seluruh kerumunan yang terjadi.

Menurutnya, potensi kerumunan selain di Sudirman-Thamrin dan BKT, sangat mungkin terjadi lantaran tempat wisata biasa dipakai perayaan tahun baru ditutup.

Untuk itu personel aparat gabungan akan menyisir melakukan pembubaran.

Baca Juga: Catat! Ini Titik Jalan di Bandar Lampung yang Ditutup saat Malam Tahun Baru

"Tapi kalau di Jakbar sekitarnya termasuk Kemang, Pasar Baru, Kelapa Gading masih ada kerumunan TNI-Polri dan Pemda akan membubarkan kerumunan dan akan melakukan rapid test kepada yang mencoba berkurumun," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait