facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemenpora Dukung PSSI Mempersiapkan Timnas untuk Piala Dunia U-20 2023

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha Selasa, 05 Januari 2021 | 16:55 WIB

Kemenpora Dukung PSSI Mempersiapkan Timnas untuk Piala Dunia U-20 2023
Menpora Zainudin Amali saat menghadiri acara penandatanganan MoU terkait dana pelatnas kepada tiga cabang olahraga di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (18/11/2020). [Dok. Kemenpora]

Ditundanya Piala Dunia U-20 untuk dua tahun ke depan, membuat pemain yang ada sekarang dipastikan tidak bisa bertanding pada 2023 nanti.

SuaraJakarta.id - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap memberi dukungan kepada PSSI dalam mempersiapkan Timnas Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia U-20 2021 resmi dibatalkan oleh FIFA dengan alasan pandemi virus Corona. Kondisi itu membuat jerih payah PSSI mempersiapkan Timnas untuk ajang tersebut secara tak langsung menjadi sia-sia.

Pada awalnya, PSSI mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 untuk menghadapi kejuaraan bergengsi itu. Namun, ditundanya Piala Dunia U-20 dua tahun ke depan, membuat pemain yang ada sekarang dipastikan tidak bisa bertanding pada 2023 nanti.

Mayoritas penggawa Timnas Indonesia U-19 saat ini adalah kelahiran 2003. Pada 2023, mereka sudah menginjak usia 21 tahun alias melewati batas yang ditetapkan yakni di bawah 20 tahun.

Baca Juga: Cetak Gol di Internal Game Timnas U-19, Irfan Jauhari: Kami Tetap Semangat

Mau tak mau, PSSI harus segera mencari solusi untuk kembali mempersiapkan Timnas Indonesia pada 2023 nanti. Terkait rencana itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, menegaskan pihaknya siap mendukung.

"Untuk persiapan timnas kita masih tunggu dari PSSI tentang perencanaan TC jangka panjang, siapa yang akan ikut di situ dan sebagainya," kata Zainudin Amali saat menggelar jumpa pers virtual, Selasa (5/1/2021).

"Prinsipnya Kemenpora siap memfasilitasi tapi menunggu perencanaan dari PSSI," tambahnya.

Adapun persiapan terkait infrastruktur, Amali memastikan proses tersebut tetap diselesaikan sesuai dengan rencana. Ia menekankan tak ada pemberhentian pembangunan atau renovasi venue meski Piala Dunia U-20 2021 resmi batal.

Pernyataan Amali sejalan dengan keterangan FIFA di mana mereka menegaskan bahwa di Piala Dunia U20 2023, Indonesia akan tetap dapat keistimewaan sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Pimpin Latihan Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong Lakukan Ini

"Infrastruktur itu tetap jalan sesuai jadwal baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Tidak ada masalah tidak ada penghentian," pungkas Amali.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait