alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Muncul Efek Samping usai Vaksinasi, Warga Jakarta Bisa Datangi 21 RS Ini

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih Kamis, 14 Januari 2021 | 18:27 WIB

Muncul Efek Samping usai Vaksinasi, Warga Jakarta Bisa Datangi 21 RS Ini
Ilusttasi--Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 Sinovac kepada seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Duren Sawit, Jakarta, (14/1/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Kami sudah menyiapkan 21 rumah sakit rujukan seandainya dibutuhkan rawatan lebih lanjut sekiranya ada masalah (usai vaksinasi)."

SuaraJakarta.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memulai vaksinasi Covid-19 hari ini, Kamis (14/1/2021). Tak dipungkiri, bisa saja muncul efek samping setelah warga ibu kota menerima vaksin buatan Sinovac itu seperti yang terjadi di negara lain.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 21 Rumah Sakit (RS) untuk mengatasi efek samping setelah divaksin. 

Dalam pelaksanaannya, pihaknya mengawasi vaksinasi bersama dengan Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KOMDA PP KIPI). Jika nantinya muncul efek samping, tim itu akan langsung memberikan tindakan.

"Kami sudah menyiapkan 21 rumah sakit rujukan seandainya dibutuhkan rawatan lebih lanjut sekiranya ada masalah (usai vaksinasi), KIPI di lapangan," ujar Widyastuti dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Mengapa Gubernur dan Wagub Lampung Tidak Ikut Vaksinasi Covid-19?

Menurutnya tindakan mitigasi saat melakukan imunisasi sudah biasa dilakukan. Hal ini sudah menjadi prosedur karena bisa saja muncul efek lain setelah memasukan zat ke tiap orang yang kondisi tubuhnya berbeda-beda.
 
"Bukan hanya semata-mata karena covid, tapi secara rutin DKI mempunyai KIPI, karena bagaimanapun vaksin adalah suatu zat lain yang diberikan kepada manusia sehingga kita mampu untuk memitigasi. Meskipun mungkin sederhana gejalanya," jelasnya.

Puluhan RS itu tersebar di semua wilayah kota administrasi dan Kabupaten. Seluruh fasilitas itu juga sudah disiapkan sarana serta prasaranya dan akan ditetapkan oleh Gubernur Anies Baswedan.

"Sedang proses membuat SK Gub KOMDA PP KIPI provinsi dan Kelompok Kerja Pengkajian PP KIPI wilayah," pungkasnya.

Berikut daftar 21 rumah sakit rujukan jika muncul efek samping setelah vaksinasi:

Jakarta Pusat
1. RSUD Tarakan
2. RSUD Cipto Mangunkusumo
3. RSPAD Gatot Soebroto
4. RSUD Johar Baru
5. RSUD Kemayoran

Baca Juga: Target 19.471 Orang yang Disuntik Tiap Hari, DKI Siapkan 1.498 Vaksinator

Jakarta Utara
1. RSUD Koja
2. RSUD Cilincing
3. RSUD Tanjung Priok
Jakarta Barat
1. RSUD Tamansari
2. RSUD Kembangan
Jakarta Selatan
1. RSUP Fatmawati
2. RSP Pertamina
3. RSUD Tebet
4. RSUD Mampang Prapatan
5. RSUD Jagakarsa
6. RSUD Pesanggrahan

Jakarta Timur
1. RSUD Budi Asih
2. RSUD Pasar Rebo
3. RSUD Matraman
4. RSUD Cipayung
5. RS Adhayksa

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait