alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Piala Asia U-19 Batal, Timnas Indonesia U-19 Kecewa Tapi...

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha Sabtu, 16 Januari 2021 | 18:35 WIB

Piala Asia U-19 Batal, Timnas Indonesia U-19 Kecewa Tapi...
Skuat Timnas Indonesia U-19 saat menjalani latihan gym di Spanyol. (dok. PSSI)

"Yang pasti sangat menyayangkan dengan dibatalkannya event Piala Asia U-19," kata Nova Arianto.

SuaraJakarta.id - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) resmi membatalkan ajang Piala Asia U-16 dan U-19 2020. Pandemi Covid-19 jadi alasan utama AFC urung menggelar dua kejuaraan tersebut.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, cukup kecewa Piala Asia U-19 dibatalkan. Namun dia memahami bahwa pandemi Covid-19 tak bisa dipandang sebelah mata.

"Yang pasti sangat menyayangkan dengan dibatalkannya event Piala Asia U-19, sehingga Timnas U-19 yang sudah dipersiapkan dengan baik tidak bisa tampil," kata Nova Arianto saat dihubungi Suara.com, Sabtu (16/1/2021).

"Tapi memang harus bisa dipahami situasinya saat ini sedang pandemi COVID-19. Sekarang yang paling penting adalah kesehatan," ia menambahkan.

Baca Juga: Ini Tantangan Terberat Irfan Jauhari Selama TC Timnas U-19 di Spanyol

Nova pun berharap pandemi bisa cepat berlalu agar kegiatan sepakbola di tingkat lokal maupun internasional bisa berjalan normal kembali.

"Semoga pandemi ini bisa segera berakhir. Semoga juga event berikutnya bisa jalan kembali," pungkas mantan pemain Persib Bandung itu.

Asisten pelatih tim nasional Indonesia Nova Arianto. (ANTARA/Gilang Galiartha)
Asisten pelatih tim nasional Indonesia Nova Arianto. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-19 terbilang telah melakukan persiapan maksimal. Selain menggelar training camp (TC) di Indonesia, David Maulana dan kawan-kawan juga mengasah kemampuan di luar negeri.

Skuad Garuda Nusantara antara lain telah menggelar training camp di Thailand, Kroasia, dan terakhir Spanyol. Itu semua demi bisa tampil maksimal di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20.

Sayang, pandemi Covid-19 menggagalkan semuanya. Para pemain yang ada saat ini dipastikan tak bisa mengikuti kejuaraan tersebut di edisi selanjutnya karena faktor usia.

Baca Juga: Jack Brown Bagikan Kabar Baik, Operasi Cedera ACL-nya Berjalan Sukses

Adapun di 2021 tak ada lagi event yang melibatkan Timnas Indonesia U-19. Oleh karenanya, Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- bisa dibilang jadi pengangguran.

Sebelum Piala Asia dibatalkan, FIFA telah lebih dulu menunda gelaran Piala Dunia U-17 dan U-20 2020. Ajang Piala Asia U-16 dan U-19 sekaligus menjadi ajang kualifikasi menuju Piala Dunia U-17 dan U-19.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait