alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Hanya Gigit Bocah, Monyet Liar di Puspitek Tangsel Acak-acak Dapur

Rizki Nurmansyah Kamis, 28 Januari 2021 | 16:33 WIB

Tak Hanya Gigit Bocah, Monyet Liar di Puspitek Tangsel Acak-acak Dapur
Ilustrasi monyet.

Bocah malang bernama Rasyikul Zafran Kiyoshi mengalami luka parah di kedua tangannya akibat digigit monyet liar.

SuaraJakarta.id - Kawanan monyet liar Perumahan Dinas Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Kecamatan Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), diketahui sudah sering berulah.

Tak hanya menyerang seorang bocah hingga alami luka parah, kawanan monyet itu pun meresahkan warga lantaran sering masuk ke dapur dan mengacak-acak barang yang ada.

Hal itu diungkapkan Ketua RT setempat, Nahdi. Menurutnya, monyet liar itu berasal dari Bogor yang bermigrasi sekira tahun 2000-an.

"Dulu mungkin migrasi ya dari Bogor sekira tahun 2000-an, ada 10-20 ekor. Terus semakin banyak, sekarang makin banyak," kata Nahdi, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga: Dipancing Pisang, Damkar Berhasil Tangkap Moyet Jenis Macaca Fascicularis

Nahdi menceritakan, ada rumah warga yang pernah dimasuki kawanan monyet liar itu. Tapi tidak menyerang si pemilik rumah, hanya mengacau di dapur.

"Di Blok 1 pernah kejadian monyetnya masuk ke dalem (rumah) dan acak-acak dapur. Ibu-ibu laporan ada monyet masuk ke dapur, tapi nggak pernah gigit orang," ungkap Nahdi.

Soal insiden adanya monyet yang menyerang dan menggigit warganya hingga luka parah, Nahdi mengungkapkan bahwa yang menyerang itu induk monyet.

"Kalau orang takut ya diusir aja, dia pergi. Tapi kalau itu yang gigit monyetnya induk. Kemaren monyetnya santai aja duduk aja habis gigit juga santai aja," terang Nahdi.

Menurutnya, insiden itu merupakan kali ketiga terjadi dalam satu bulan ini. Tetapi, insiden yang terjadi pada bocah Rasyikul Zafran Kiyoshi (5) merupakan yang paling parah.

Baca Juga: Monyet Resahkan Warga Ditangkap, Begini Caranya

"Kemarin di Balai Kesehatan infonya ada tiga orang yang ditangani akibat diserang monyet, ini terakhir. Semalam saya ke sana, dia meriang. Nggak terlalu parah sih (meriangnya), mungkin sudah dikasih antibiotik," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait