alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pasien Covid-19 di Januari 2021 Tambah 1.736, ICU di Tangerang Hampir Penuh

Rizki Nurmansyah Minggu, 31 Januari 2021 | 16:17 WIB

Pasien Covid-19 di Januari 2021 Tambah 1.736, ICU di Tangerang Hampir Penuh
Ilustrasi pasien Covid-19 dirawat di Ruang ICU. [Antara/Reuters/Flavio Loscalzo]

Tingginya tingkat keterisian ruang ICU jadi salah satu penyebab tingginya angka kematian Covid-19 di Kota Tangerang.

SuaraJakarta.id - Dinas Kesehatan Kota Tangerang memastikan ruang Intensive Care Unit (ICU) untuk penanganan pasien COVID-19 saat ini masih tersedia.

"Kita memiliki 78 tempat tidur dan yang sudah terisi 71 tempat tidur. Namun data tersebut berubah setiap waktunya. Jadi kita pastikan ketersediaan ruang ICU masih ada," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi di Tangerang, Mingu (31/1/2021).

Ia menegaskan ruang ICU diberikan untuk pasien COVID-19 dalam kondisi berat dan butuh penanganan khusus. Oleh karena itu, warga yang alami gejala COVID-19 dengan kondisi berat maka bisa minta penanganan di ruang ICU.

"Kami imbau agar penanganan isolasi dilakukan di tempat yang disediakan, baik di rumah sakit hingga Ruang Isolasi Terkonsentrasi (RIT). Jadi pasien dalam pengawasan dan penyebaran dapat ditekan," katanya

Baca Juga: Tambah 14.518 Kasus Baru, Jumlah Positif Covid-19 RI 1.066.313 Orang

Ditegaskan jika penambahan angka kematian pasien COVID-19 di Kota Tangerang disebabkan karena warga datang ke ruang perawatan dalam kondisi sudah berat. Oleh karena itu ketika terkonfirmasi positif, maka warga harus menjalani isolasi sesuai anjuran pemerintah.

Kemudian untuk ketersediaan tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19, dr Liza menuturkan jika saat ini jumlahnya masih mencukupi. "Jika melihat data kebutuhan untuk warga Kota Tangerang, tempat tidur yang disediakan sudah cukup," katanya.

Namun karena pandemi ini tak hanya sebatas wilayah tertentu dan pasien bisa dirawat di daerah mana saja termasuk Kota Tangerang maka ketersediaan terus terisi.

"Lokasi GOR yang kita siapkan saja sudah mencapai 83 persen. Karena ini diisi juga dari warga luar Tangerang. Pandemi ini tak membatasi wilayah namun harus menangani semuanya," ujarnya.

Berkurang 87 orang

Baca Juga: Divonis Meninggal COVID-19, Nenek Blanco Tiba-tiba Kepergok Pulang ke Rumah

Jumlah pasien positif COVID-19 yang dirawat di Kota Tangerang, Banten dalam empat hari terakhir hingga 31 Januari 2021 berkurang 87 orang seiring proses kesembuhan dari isolasi yang dilakukan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait