alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Anies Izinkan Gunakan Trotoar, Skater Malah Main di JPO, Ini Kata Wagub DKI

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih Kamis, 11 Maret 2021 | 12:20 WIB

Anies Izinkan Gunakan Trotoar, Skater Malah Main di JPO, Ini Kata Wagub DKI
Aksi bermain skateboard dan sepatu roda di JPO (instagram.com/@jakartabersuara)

Namun, skater belakangan kedapatan menggunakan jembatan penyebrangan orang (JPO) sebagai tempat bermain.

SuaraJakarta.id - Gubernur Anies Baswedan diklaim telah mengizinkan skater atau pemain skateboard untuk bermain di trotoar setelah pertemuan dengan skater Satria Vijie. Namun skaters belakangan kedapatan menggunakan jembatan penyebrangan orang (JPO) sebagai tempat bermain.

Video pelanggaran itu diunggah oleh pemilik akun instagram @camerapenjurunews. Para skaters bermain di JPO yang terletak di depan Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta Pusat.

Dalam video terlihat skaters tetap bermain, meski sudah ada larangan memainkan papan luncur dan sepatu roda. Tak hanya itu, terlihat juga mereka gagal ditangkap oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), lantaran skaters keburu kabur saat petugas datang ke lokasi.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan JPO bukan tempat untuk bermain skateboard. Para skaters, tegas Riza, seharusnya menaati aturan dan menghormati pejalan kaki.

Baca Juga: Remaja Main Skateboard di Atap Halte UI Senen, Netizen: Norak!

"Mari kita bekerja sama menjadi warga yang baik, kita fungsikan sarana prasarana yang ada sesuai dengan peruntukan," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/3/2021).

Ketua DPD Gerindra DKI ini bahkan meminta agar skaters bermain di tempat yang sudah disediakan. Untuk diketahui, saat ini Pemprov DKI sudah menyiapkan arena skateboard atau skatepark seperti di kawasan Dukuh Atas, Kalijodo, hingga Pasar Rebo.

"Pemprov DKI sudah menyiapkan tempat bermain untuk adik-adik yang hobi main skateboard, dan akan kami tambah terus tempat seperti itu. Mohon tidak bermain di JPO karena dapat mengganggu," pungkasnya.

Anies dan Riza sudah pernah beda pendapat soal penggunaan skateboard di trotoar saat menanggapi masalah peristiwa petugas yang mengamankan dua orang pemain skateboard secara kasar di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Berdasarkan informasi dari pemain skateboard yang memiliki akun instagram bernama @satriavijie, Anies mengajaknya bertemu pada Kamis (5/3/2021). Hasil pertemuan keduanya pun diunggah melalui instagramnya.

Baca Juga: Viral Video Pemuda Main Skateboard di JPO Jakarta, Tuai Kecaman

Dalam keterangannya, Satria mengklaim Anies mengizinkan para pemain skateboard bermain di trotoar. Para skaters--sebutan pemain skateboard-- harus menjaga fasilitas yang dipakai.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait