alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tinjau Dua Ruas Tol Baru JORR II, Menteri PUPR Harap Segera Beroperasi

Rizki Nurmansyah Rabu, 31 Maret 2021 | 03:05 WIB

Tinjau Dua Ruas Tol Baru JORR II, Menteri PUPR Harap Segera Beroperasi
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua dari kiri) dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit (tengah) serta jajaran Kementerian PUPR meninjau ruas Tol Cengkareng - Kunciran yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II. [Dok. Kementerian PUPR]

Dua ruas tol baru JORR II ini rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (1/4/2021).

SuaraJakarta.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengharapkan kedua ruas tol baru Jakarta Outer Ring Road (JORR II) segera beroperasi.

Kedua ruas tol baru JORR II tersebut, yakni Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran dan Tol Serpong – Cinere Seksi I.

“Harapannya jalan tol ini bisa segera operasi karena sudah ditunggu masyarakat,” kata Basuki, Selasa (30/3/2021), dilansir dari Antara.

Basuki sendiri meninjau kesiapan Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 km pada Selasa sore (30/3).

Baca Juga: Santai, Menteri PUPR Basuki Ngopi di Bawah Pohon Menunggu Jokowi

Kedua ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (1/4/2021).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja yang juga juru bicara Kementerian PUPR mengatakan, jalan tol ini akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi Barat, yang sudah dinantikan masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan.

"Ini juga menjadi alternatif lain dari Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," kata Endra.

Mengenai Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran, Endra menyatakan secara keseluruhan fungsi badan utama jalannya sudah selesai dan berfungsi dengan baik. "Tinggal perapihan (finishing) di beberapa titik seperti guard rail dan marka jalan, tidak mengganggu fungsi utama tol dari gate ke gate," ujarnya.

Berdasarkan data, kemajuan konstruksi Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran saat ini telah mencapai 94,08 persen. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya konstruksi sebesar Rp1,96 triliun.

Baca Juga: Tak Mau Proyek Mangkrak, Menteri PUPR Diingatkan Jangan Menyindir

Pembangunan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran terbagi menjadi 4 seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait