alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi Prioritas RW Kumuh Jakarta, 142 Ribu Warga Telah Disuntik

Erick Tanjung | Fakhri Fuadi Muflih Selasa, 18 Mei 2021 | 18:39 WIB

Vaksinasi Prioritas RW Kumuh Jakarta, 142 Ribu Warga Telah Disuntik
Ilustrasi--Vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di Jakarta. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Kami sudah lakukan vaksinasi dari 5 Mei. Sampai sekarang sekitar 142 ribu warga telah disuntik vaksin. Jadi memang sudah cukup banyak juga," kata Ngabila.

SuaraJakarta.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menjalankan kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap ketiga untuk warga Jakarta. Sebanyak 142 ribu warga telah disuntik vaksin.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI, Ngabila Salama mengatakan program ini merupakan pilot project atau percontohan bagi daerah lain untuk vaksinasi tahap ketiga. Menurutnya proses pelaksanaannya sejauh ini cukup lancar.

"Kami sudah mulai dan sudah dilakukan vaksinasi dari tanggal 5 Mei. Sampai sekarang sekitar 142 ribu warga telah disuntik vaksin. Jadi memang sudah cukup banyak juga," kata Ngabila dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/5/2021).

Meski menargetkan masyarakat umum pada pelaksanaan tahap ketiga ini, prioritas vaksin disebutnya diberikan kepada warga di RW kumuh. Terhitung ada 445 pemukiman padat yang telah dipilih.

Baca Juga: Daftar 14 Lokasi Vaksinasi COVID-19 Lansia di Batam, Rabu Besok

"Sesuai dengan surat edaran Kemenkes, DKI Jakarta diminta untuk melakukan vaksinasi pada masyarakat rentan, utamamya di kawasan kumuh. Maka, kami lakukan tindak lanjut dengan melakukan pemetaan," jelasnya.

Selain warga RW kumuh, pihaknya juga menargetkan penyuntikan untuk tempat yang menjadi transmisi lokal mutasi virus. Di Jakarta sendiri sudah ada satu kasus terinfeksi virus varian B1617.

Target terakhir penyuntikan didasarkan kepada warga di kawasan zona oranye dan merah penularan Covid-19.

"Yang merah dan yang oranye itu kami update sertiap minggu dan itu kami lakukan total coverage vaksinasi yang ada di RW ataupun RT tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Vaksinasi Lansia Solo Jauh dari Target, Ini Penjelasan Gibran

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait