alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Percepat Vaksinasi Lansia, Pemkab Tangerang Terapkan Pola Door to Door

Rizki Nurmansyah Rabu, 26 Mei 2021 | 17:10 WIB

Percepat Vaksinasi Lansia, Pemkab Tangerang Terapkan Pola Door to Door
Ilustrasi - Vaksinasi lansia.

Lansia yang dilakukan penyuntikan vaksinasi di rumah masing-masing apabila yang bersangkutan tidak bisa datang ke puskesmas.

SuaraJakarta.id - Pemkab Tangerang menerapkan pola baru agar proses percepatan vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) selesai dengan cara door to door yaitu petugas medis langsung mendatangi rumah ke rumah.

Juru Bicara Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengungkapkan, cara door to door ini sudah dilakukan sejak lama dengan tujuan agar sasaran lansia tidak ada yang tidak menerima.

"Kalau upaya untuk mempercepat sasaran vaksinasi bagi lansia, sebetulnya kita sudah melakukan cara door to door sejak awal. Karena kalau tidak, kita kesulitan apalagi bagi lansia yang di daerah-daerah terpencil," ungkapnya.

Ia menjelaskan nantinya bagi lansia yang dilakukan penyuntikan vaksinasi di rumah masing-masing itu apabila bersangkutan tidak bisa datang ke puskesmas.

Baca Juga: Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong, 2.000 Karyawan OT Group Divaksinasi

"Karena saat ini banyak lansia yang belum mendapat vaksin, rata-rata mereka jauh dari puskesmas," katanya.

Selanjutnya, petugas medis dari 44 puskeamas di setiap kecamatan yang dibantu oleh kader kesehatan tingkat RT/RW akan melakukan koordinasi dan mendata terlebih untuk langsung dapat melayaninya.

"Dengan cara begitu percepatan vaksinasi lansia bisa segera tercapai, Sedangkan puskesmas kan dikejar target juga. Jadi upaya itu bisa jadi lebih efektif," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan melalui layanan door to door tersebut bisa mempercepat akselerasi capaian target untuk vaksinasi lansia.

Selain itu, pihaknya mencatat jumlah lansia yang telah mendapat vaksin sebanyak 14.012 atau mencapai sekitar 80 persen dari sasaran 15.601 orang penerima.

Baca Juga: Komisi VI: Pengetahuan Vaksinasi Harus Masif Disosialisasikan

"Meskipun sudah mencapai 80 persen, tetapi kita saat ini terus melakukan vaksinasi kepada lansia di 44 puskesmas itu," kata dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait