alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wagub DKI: Jadikan Pancasila Alat Pemersatu, Bukan Alat Palu Pemecah Belah

Rizki Nurmansyah Selasa, 01 Juni 2021 | 17:25 WIB

Wagub DKI: Jadikan Pancasila Alat Pemersatu, Bukan Alat Palu Pemecah Belah
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. [Instagram@bangariza]

Wagub DKI juga menyebut bahwa Pancasila merupakan warisan yang sangat berharga dari para pendiri bangsa Indonesia.

SuaraJakarta.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan kepada masyarakat agar menjadikan Pancasila sebagai alat pemersatu. Bukan alat palu pemecah belah.

Hal itu disampaikan Wagub DKI dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini, Selasa (1/6/2021), di akun Instagram pribadinya, @arizapatria.

"Jadikan Pancasila sebagai alat pemersatu, bukan alat palu pemecah belah. Cintai seluruh manusia, sebagaimana kita mencintai keluarga kita,” ujar Riza.

Wagub DKI juga menyebut bahwa Pancasila merupakan warisan yang sangat berharga dari para pendiri bangsa Indonesia.

Baca Juga: Selain Soekarno, Sosok Tokoh Asal Sawahlunto Ini Berjasa Membidani Lahirnya Pancasila

"Memang benar founding fathers dan founding mothers kita telah meninggal dunia. Namun mereka telah mewariskan sesuatu yang sangat berharga yaitu Pancasila,” tuturnya.

“Semua sila yang terkandung di dalamnya merupakan hasil penggalian dari nilai-nilai kehidupan dan kepribadian secara turun-menurun masyarakat Indonesia,” sambungnya.

Wagub DKI pun mencontohkan terkait sila pertama, di mana di balik tantangan ada hikmah dan kemudahan. Sehingga harus selalu optimis dan waspada dalam menjalani hidup.

Keyakinan itu harus dikerjakan dengan mengutamakan kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Sila pertama mengajarkan bahwa ada yang Maha mengatur, Maha Berkehendak. Sebab itu mari kita lakukan yang terbaik untuk masyarakat sesuai bidang kita masing-masing. Yakinlah Tuhan YME pasti akan membalasnya.”

Baca Juga: Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila, Bobby Nasution Berpakaian Adat Batak Toba

“Semua kita punya peran membumikan Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila,” pungkas Wagub DKI.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait