alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Uji Coba Dimulai, Ini Alasan Pemprov DKI Buat Jalur Road Bike di Hari Kerja

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih Senin, 07 Juni 2021 | 16:28 WIB

Uji Coba Dimulai, Ini Alasan Pemprov DKI Buat Jalur Road Bike di Hari Kerja
Suasana Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu - Tanah Abang atau JLNT Casablanca, Jumat (4/6/2021). (Suara.com/Arga)

Pemprov DKI Jakarta sedang menguji coba jalur sepeda khusus road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus).

SuaraJakarta.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menguji coba jalur sepeda khusus road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat mulai hari ini, Senin (7/6/2021). Pembukaan lintasan khusus ini berlangsung sampai Jumat (11/6/2021).

Banyak pihak lantas mempertanyakan mengenai mengapa jalur sepeda road bike ini harus dibuat di hari kerja. Sebab di waktu tersebut, banyak kendaraan bermotor yang melintas.

Menjawab hal ini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pada hari kerja, masih ada masyarakat yang bersepeda menggunakan road bike dengan tujuan olahraga. Namun ia tak merinci berapa banyak jumlahnya.

"Di hari Senin sampai dengan Jumat itu para pegiat pesepeda sport ini menggunakan ruang jalan bersama-sama dengan  kendaraan bermotor," ujar Syafrin di kawasan Sudirman-Thamrin, Senin (7/6/2021).

Baca Juga: Dibuatkan Jalur Khusus, Pemprov DKI Klaim Pesepeda Road Bike Naik 40 persen

Dia pun tak memungkiri mereka harus bersepeda bersamaan dengan para pengendara motor. Karena itu, perlu ada pengaturan khusus demi keselamatan dan keamanan para pengguna jalan ini.

"Di sisi lain warga Jakarta beraktifitas dengan kendaraan bermotor di kawasan ini sehingga jika tidak dilakukan pengaturan maka yang terjadi aspek, keselamatan, kenyamanan pengguna jalan di jalan area ini bisa terabaikan," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatur agar para pesepeda beraktivitas mulai pukul 05.00 sampai 06.30 WIB. Waktu ini dipilih karena dianggap pengendara motor yang melintas masih sedikit.

"Mereka menggunakan waktu itu sehingga setelah waktu 06.30 WIB sudah tidak ada lagi pegiat sepeda yang tercampur dengan kendaraan bermotor semua peseda wajib masuk ke jalur pesepeda permanen," katanya.

Baca Juga: Masih Uji Coba, Sepeda Selain Road Bike Dilarang Naik JLNT Casablanca

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait