alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puluhan Gerai McDonald's di Jakarta Dapat Sanksi Gegara Menu BTS Meal, Ini Daftarnya

Bangun Santoso | Yosea Arga Pramudita Kamis, 10 Juni 2021 | 12:58 WIB

Puluhan Gerai McDonald's di Jakarta Dapat Sanksi Gegara Menu BTS Meal, Ini Daftarnya
Pengemudi ojek daring memadati gerai McDonald’s Raden Saleh di Jakarta, Rabu (9/6/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sanksi yang diberikan terhadap McDonald's beragam, mulai dari penutupan hingga teguran

SuaraJakarta.id - Sebanyak sembilan gerai makanan cepat saji McDonald's di wilayah hukum Jakarta Selatan mendapat sanksi teguran secara tertulis buntut antrean panjang yang memicu kerumunan menu BTS Meal, Rabu (9/6/2021) kemarin.

Diketahui, menu tersebut merupakan kolaborasi antara McDonald's dengan grup boy band asal Korea Selatan yang mempunyai basis penggemar fanatik di Tanah Air, BTS.

Kasatpol PP Jakarta Selatan, Hermawan mengatakan, pihak McDonald's dalam hal ini tidak siap secara teknis dalam pelaksanaan peluncuran menu terbaru tersebut. Sehingga, kerumunan massa dalam bentuk antrean panjang driver ojek online tercipta di beberapa gerai McDonald's di Jakarta Selatan.

“Itu memang ada ketidaksiapan dari manajemen McDonald's (kemarin). Seharusnya tetap menjalankan protokol kesehatan,” kata Ujang saat dihubungi wartawan, Kamis (10/6/2021) siang.

Baca Juga: Bikin Heboh, Kemasan BTS Meal Dijual Hingga Rp 550 Ribu di Marketplace

Atas hal tersebut, pihak Satpol PP memberikan sanksi teguran secara tertulis terhadap sembilan gerai McDonald's di Jakarta Selatan. Jika peristiwa itu kembali terulang, maka Satpol PP akan melakukan penyegelan selama 1 X 24 jam.

“Kalau terulang lagi, nanti kita segel tutup 1x24 jam,” katanya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengambil tindakan atas munculnya kerumunan di sejumlah gerai restoran cepat saji, McDonald's karena peluncuran paket BTS meal. Kekinian ada 21 lokasi yang harus ditutup sementara oleh petugas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tindakan ini diambil karena kerumunan itu sudah dianggap melanggar protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Jika dibiarkan lebih jauh, maka dikhawatirkan akan terjadi penularan dan muncul klaster baru.

"Jadi ada kerumunan yang luar biasa, maka Satpol PP mengambil tindakan,langkah-langkah melakukan penyegelan oleh TNI, Polri, dan Satgas dan ditutup sementara 1x24 jam," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (9/5/2021).

Baca Juga: Kocak! Wali Kota Semarang Pamer Nasi Kucing BTS, Sampai Diketawain Gibran

Dari laporan Satpol PP tiap wilayah Kota Administrasi, terhitung ada 34 restoran McD yang diawasi. Para petugas langsung diterjunkan begitu kerumunan di berbagai gerai bermunculan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait