alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pesan Wagub DKI ke Warga Jakarta: Salat Idul Adha di Rumah Masing-masing

Rizki Nurmansyah Selasa, 20 Juli 2021 | 06:05 WIB

Pesan Wagub DKI ke Warga Jakarta: Salat Idul Adha di Rumah Masing-masing
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan pada media terkait Hari Raya Idul Adha 2021 di Balai Kota Jakarta, Senin (19/7) malam. [ANTARA/Ricky Prayoga]

Beberapa masjid di Jakarta terindikasi akan menggelar Salat Id pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah pada Selasa (20/7).

SuaraJakarta.id - Wakil Gubuernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kembali mengimbau warga Jakarta, khususnya umat Islam, melaksanakan Salat Idul Adha, Selasa (20/7/2021), di rumah masing-masing.

Hal tersebut, kata Riza, sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag) yang tujuannya untuk menghindari kerumunan demi mencegah paparan pandemi COVID-19.

"Untuk itu (info masjid Shalat Id), kami minta masjid ataupun juga komunitas manapun, besok (20/7) kita merayakan Idul Adha dengan Shalat Id di rumah masing-masing," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (20/7/2021) malam.

Selain itu, Wagub DKI juga meminta pengurus masjid dan berbagai komunitas keagamaan yang berniat menggelar kurban, untuk melakukan penyembelihannya di rumah pemotongan hewan (RPH).

Baca Juga: PPKM Darurat Jakarta, Anies: Dua Pekan Ini Penuh Cobaan

Atau tempat-tempat yang memiliki ketentuan untuk bisa dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan protokol kesehatan ketat.

Meski tidak sesuai dengan arahan dari MUI dan Kemenag, Riza tidak mengindikasikan akan ada penindakan dari pihak Pemprov DKI Jakarta meski kegiatan berkumpul di masa PPKM Darurat ini dilarang, karena memiliki potensi besar penularan COVID-19.

"Nanti itu menjadi kewenangan dari Kemenag, Majelis Ulama dan DMI (Dewan Masjid Indonesia)," ucap Riza.

Beberapa masjid di Jakarta terindikasi akan menggelar Salat Id pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah pada Selasa (20/7).

Bahkan di Jakarta Pusat, disebutkan ada dua wilayah yang rawan terjadi pelanggaran protokol kesehatan (prokes) serta peraturan PPKM Darurat saat peringatan Idul Adha 1442 Hijriah.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Viral Insiden Sapi Ngamuk Sampai Seret Satu Orang di Jakarta

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan Kelurahan Kramat, Senen dan Johar Baru berpotensi melaksanakan Salat Idul Adha secara jamaah di masjid, serta penyembelihan hewan kurban yang akan memicu kerumunan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait