alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Situs Diretas, KPU Jakarta Timur: Pelakunya Mengatasnamakan Clan_X7

Rizki Nurmansyah Rabu, 18 Agustus 2021 | 14:31 WIB

Situs Diretas, KPU Jakarta Timur: Pelakunya Mengatasnamakan Clan_X7
Tangkapan layar situs KPU Jakarta Timur tak bisa diakses setelah diretas pelaku yang mengatasnamakan Clan_X7, Rabu (18/8/2021). [Foto: www.jakartatimur.kpu.go.id]

Fokus untuk normalisasi situs KPU Jakarta Timur.

SuaraJakarta.id - KPU Jakarta Timur melakukan evaluasi terkait keamanan siber usai situs diretas. Peretas mengatasnamakan diri Clan_X7.

Ketua KPU Jakarta Timur, Wage Wardana mengatakan, pihaknya baru tahu situs KPU Jakarta Timur diretas pada Selasa (17/8/2021) malam.

"Pertama kali diketahui itu semalam ketika saya mau naikin berita sekitar pukul 22.00 WIB. Saya mau naikin aktivitas internal KPU Jakarta Timur, kemudian staf saya bilang websitenya diretas," kata Wage, Rabu (18/8/2021).

Wage menambahkan, kejadian peretasan situs KPU Jakarta Timur merupakan yang pertama kali terjadi.

Baca Juga: Situs KPU Jakarta Timur Kena Retas, Begini Isinya

"Ini baru pertama kali kejadian. Waktu Pemilu 2019 kemarin justru enggak ada. Aman-aman saja," ujarnya dikutip dari Antara.

Wage melanjutkan, belum mengetahui kerusakan atau kehilangan data akibat peretasan tersebut. Saat ini pihaknya masih fokus untuk normalisasi situs KPU Jakarta Timur.

"Sejauh ini belum kita cek karena harus cek ke database lagi. Tapi sejauh ini masih on proses. Jadi kalau ditanyakan apa yang hilang atau rusak belum tahu," tuturnya.

Lebih lanjut, Wage mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan upaya normalisasi untuk mengembalikan situs KPU Jakarta Timur seperti semula.

"Kami sudah koordinasi untuk normalisasi tapi sejauh ini masih dalam proses perbaikan. Insya Allah sebentar lagi normal. Tapi sejauh ini belum 100 persen pulih," tutur Wage.

Baca Juga: Toyota dan Nissan Ikut Aliansi Perlindungan Mobil Dari Aksi Peretasan

Situs KPU Jakarta Timur diretas
Situs KPU Jakarta Timur diretas

Selain membenahi keamanan siber, lanjut Wage, pihaknya juga melakukan peningkatan SDM dalam upaya mengantisipasi serangan digital lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait