alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi untuk Pengidap Autominun Sudah Dimulai di Jakarta Pusat

Siswanto | Yaumal Asri Adi Hutasuhut Jum'at, 20 Agustus 2021 | 12:34 WIB

Vaksinasi untuk Pengidap Autominun Sudah Dimulai di Jakarta Pusat
Ilustrasi Vaksin (Pexels/Gustavo)

Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyiapkan vaksin Moderna kepada masyarakat umum pemilik penyakit penyerta (komorbid) berat di sejumlah fasilitas kesehatan.

SuaraJakarta.id - Puskesmas Menteng, Jakarta Pusat, mulai membuka layanan vaksinasi untuk pengidap autoimun. Hingga siang ini sudah 14 warga yang divaksin. Vaksin yang digunakan yaitu vaksin yang dikembangkan perusahaan Moderna.

"Sampai saat ini ada sekitar 14 orang," kata seorang petugas kepada Suara.com.

Untuk mendapatkan layanan vaksinasi, masyarakat dapat mendaftar lewat WhatsApp nomor 08119597915 (jam pendaftaran dari pukul 08.00 WIB - 12.00 WIB) dengan mengirimkan format

-Nama
-NIK,
-Alamat domisili Jakarta,
-Nomor telepon aktif,
-Komorbid/penyakit berat : foto lampiran bukti (surat rekomendasi dokter)

Baca Juga: Warga Solo Ayo Vaksin! Cek Jadwal Vaksinasi Keliling di Kota Surakarta Disini

Dalam laporan Antara, Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyiapkan vaksin Moderna kepada masyarakat umum pemilik penyakit penyerta (komorbid) berat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan pemberian vaksin Moderna bagi masyarakat umum dengan sejumlah kriteria tertentu sudah berjalan.

"Vaksin Moderna ini diberikan untuk tenaga kesehatan. Nakes (tenaga kesehatan) yang sudah mendapatkan dua dosis sebelumnya dan dilanjutkan 'booster' Moderna. Kedua yaitu Moderna bisa untuk masyarakat umum," kata Erizon, kemarin.

Berbeda dengan tenaga kesehatan yang diberikan untuk satu kali dosis, vaksin Moderna bagi masyarakat umum diberikan sebanyak dua kali.

Erizon mengatakan bahwa vaksin asal Amerika Serikat itu hanya diberikan bagi warga yang masuk dalam kelompok pasien defisiensi imun (immunocompromised), seperti gangguan autoimun, penderita kanker, gagal ginjal dan penyakit komorbid berat lainnya.

Baca Juga: Catat Lur! Ini Jadwal dan Cara Daftar Vaksinasi di Kabupaten Klaten

"Masyarakat umum yang mendapatkan vaksin Moderna ini adalah mereka yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksin Sinovac maupun AstraZeneca contohnya autoimun atau komorbid berat," kata Erizon.

Ada pun masyarakat yang masuk dalam kelompok pasien defisiensi imun serta memiliki komorbid berat, mereka bisa melakukan vaksinasi dengan jenis vaksin Moderna di beberapa fasilitas kesehatan dengan membawa surat keterangan dokter terkait persetujuan vaksin.

Di Jakarta Pusat sendiri, sejumlah fasilitas kesehatan yang mulai menjalani penyuntikan vaksin Moderna untuk masyarakat umum, antara lain RS Cipto Mangunkusumo, RSPAD Gatot Subroto, RS Carolus, RS Abdi Waluyo, Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai Balaikota DKI Jakarta, RSUD Tarakan, dan Puskesmas Menteng.

Pemberian vaksin Moderna kepada masyarakat umum juga akan ditambahkan di fasilitas kesehatan lainnya sesuai kesiapan lebih lanjut. 

Di Jakarta Pusat terdapat tujuh lokasi rujukan untuk mendapatkan vaksin Moderna, yakni :

1. RSUP Cipto Mangunkusumo
2. RSPAD Gatot Subroto
3. RSUD Tarakan
4. RS St. Carolus
5. RS Abdi Waluyo
6. Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai
7. Puskesmas Kecamatan Menteng.

Layanan vaksinasi berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman dinkes.jakarta.go.id

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait