alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Persiapan PTM Terbatas, PMI Semprotkan Disinfektan di Sejumlah Sekolah Kepulauan Seribu

Erick Tanjung Minggu, 12 September 2021 | 17:42 WIB

Persiapan PTM Terbatas, PMI Semprotkan Disinfektan di Sejumlah Sekolah Kepulauan Seribu
PMI Kepulauan Seribu menyemprotkan cairan desinfektan di ruang kelas di SD Negeri Pulau Tidung 01 Pagi, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (12/9/2021). (Antara/ HO-Humas Kepulauan Seribu)

"Untuk kegiatan penyemprotan itu, kami mengerahkan dua relawan dengan satu unit water sprayer, kata Natsir.

SuaraJakarta.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Seribu membantu persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas di kabupaten tersebut, dengan menyemprotkan desinfektan di tiga sekolah di Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

Ketua PMI Kabupaten Kepulauan Seribu, Natsir Sabara mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan itu dilakukan atas permintaan pihak sekolah.

Menurut Natsir Sabara, tiga sekolah yang disemprot disinfektan adalah, SD Negeri Pulau Tidung 01 Pagi, SD Negeri Pulau Tidung 02 Pagi, dan SMP Negeri 241 Jakarta, yang siap melaksanakan PTM terbatras, mulai Senin (13/9).

"Untuk kegiatan penyemprotan itu, kami mengerahkan dua relawan dengan satu unit water sprayer,” kata Natsir di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Baca Juga: Terdampak Covid-19, PMI Sebut Donor Darah di Jogja Menurun

Sarana dan prasarana di tiga sekolah yang dilakukan penyemprotan disinfektan meliputi, halaman, selasar kelas, ruang belajar, ruang guru, tangga, toilet guru, dan toilet siswa. "Penyemprotan disinfektan di tiga sekolah tersebut menghabiskan sebanyak 80 liter cairan desinfektan," ujarnya.

Persiapan pelaksanaan PTM ini, berdasarkan aturan dari pemerintah pusat yang mengizinkan daerah berstatus PPKM Level 1-3, untuk bisa melaksanakan PTM terbatas. Pada persiapan pelaksanaan PTM terbatas itu, pemerintah mendorong daerah membentuk Satgas Covid-19 untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di setiap sekolah tetap dilaksanakan.

Di Provinsi DKI Jakarta, ada sebanyak 610 sekolah sudah melaksanakan PTM terbatas sejak 30 Agustus lalu. Di Kabupaten Kepulauan Seribu, ada 13 sekolah yang melaksanakan PTM terbatas.

Ke-13 itu adalah; SDN Pulau Panggang 01 Pagi, SDN Pulau Harapan 01 Pagi, SDN Pulau Kelapa 01 Pagi, SDN Pulau Pari 01 Pagi, SMPN Satu Atap 021 Pulau Sabira, SDN Pulau Tidung 01 Pagi, SDN Percontohan Pulau Untung Jawa 01 Pagi, SDN Pulau Panggang 02 Pagi, SDN Pulau Tidung 02 Pagi. SDN Pulau Kelapa 02 Pagi, SMPN 285 Jakarta, SMPN 241 Jakarta, dan SMAN 69 Jakarta.

Menurut Natsir, untuk memfasilitasi angkutan siswa yang mengikuti PTM terbatas di Kabupaten Kepulauan Seribu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiagakan dua kapal yang bisa digunakan oleh para siswa secara gratis.

Baca Juga: Keren! Cara Sekolah Pastikan Kondisi Kesehatan Siswa Saat PTM Terbatas Ini Patut Ditiru

Saat ini, dua kapal yang disiapkan Dishub DKI Jakarta, hanya melayani siswa yang bersekolah di Pulau Panggang dan Pulau Pramuka. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait