alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perumahan Green Garden Kedoya Tidak Banjir Meski Jakarta Hujan Besar

Pebriansyah Ariefana Selasa, 14 September 2021 | 11:48 WIB

Perumahan Green Garden Kedoya Tidak Banjir Meski Jakarta Hujan Besar
Perumahan Green Garden Kedoya tidak banjir meski Jakarta hujan besar. Hujan deras yang turun di Jakarta Barat pada Selasa sekitar pukul 03.00 WIB. (Antara)

"Dari sebelum subuh memang hujan deras, tapi alhamdulillah di sini enggak banjir," kata Subhan, warga yang melintas di perumahan Green Garden.

SuaraJakarta.id - Perumahan Green Garden Kedoya tidak banjir meski Jakarta hujan besar. Hujan deras yang turun di Jakarta Barat pada Selasa sekitar pukul 03.00 WIB.

Dari pantauan ANTARA di perumahan Green Garden Kedoya pada Selasa sekitar oukul 10.00 WIB, tidak tampak adanya genangan air yang cukup besar.

"Dari sebelum subuh memang hujan deras, tapi alhamdulillah di sini enggak banjir," kata Subhan, warga yang melintas di perumahan Green Garden.

Menurut Subhan, banjir bisa terjadi jika hujan deras turun terus-menerus dari pagi hingga siang

Baca Juga: BMKG: Sumsel Harus Bersiap Bencana Hidrometeorologi hingga 2022

Pedagang minuman keliling di perumahan tersebut, Jay, juga menuturkan hal yang sama.

"Kalau hujan deresnya lama ya pasti banjir, karena di sini dataran rendah," kata dia.

Hujan yang turun di Jakarta Barat pada Selasa dini hari, intensitasnya sempat meninggi, tapi menjelang pagi sudah menurun menjadi gerimis.

"Mudah-mudahan enggak banjir lah. Saya nggak bisa dagang kalau banjir lagi," katanya.

Perumahan Green Garden merupakan salah satu kawasan yang jadi perhatian Pemerintah Kota Jakarta Barat karena rawan banjir.

Baca Juga: Palangka Raya Banjir Besar, Jalan Trans Kalimantan Lumpuh

Guna mencegah banjir, Pemerintah Kota Jakarta Barat telah memperbaiki saluran air yang tersumbat agar air dapat mengalir dengan lancar, serta melakukan pengerukan lumpur secara rutin selokan di sekitar perumahan Green Garden

Pemerintah Kota Jakarta Barat saat ini juga telah melakukan antisipasi kemungkinan banjir di kawasan Green Garden, memasuki musim hujan tahun 2021.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Purwati Suryandari, mengatakan, tahun ini pihaknya akan membangun pintu air di Green Garden untuk mengendalikan luapan air.

Pihaknya juga akan membangun drainase vertikal untuk menyerap air ke dalam tanah ketika terjadi banjir, serta akan membangun saluran air gendong di Jalan Pesing Garden untuk mengalirkan air ke kali Angke.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait