alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gubernur Anies: Hari Ini Dunia Tercengang Melihat Indonesia Kendalikan Pandemi

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih Senin, 20 September 2021 | 11:54 WIB

Gubernur Anies: Hari Ini Dunia Tercengang Melihat Indonesia Kendalikan Pandemi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau vaksinasi bagi pekerja WNA di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/6/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

Padahal, mulai pertengahan Juni 2021 lalu, angka penularan Covid-19 di Indonesia sempat meroket

SuaraJakarta.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut melandainya kondisi penularan Covid-19 di Indonesia merupakan capaian yang luar biasa. Ia bahkan menyebut seluruh dunia tercengang melihat kondisi Indonesia yang saat ini sudah jauh membaik.

Padahal, mulai pertengahan Juni 2021 lalu, angka penularan Covid-19 di Indonesia sempat meroket. Puluhan ribu orang dilaporkan positif Covid-19 dan ratusan orang meninggal dunia setiap harinya.

Namun, saat ini kondisinya sudah jauh lebih baik dari periode Juni-akhir Juli lalu. Di Jakarta saja hanya ratusan orang dilaporkan positif Covid-19 dengan positivity rate di kisaran 1 persen.

"Beberapa bulan yang lalu dan hari ini dunia menengok ke Indonesia dengan rasa cengang, betapa kita bisa menjalani masa ujian kemarin dengan baik dan sekarang kita di fase yang jauh-jauh lebih aman," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Case Fatality Rate Covid RI Tertinggi, Pakar: Ada Kebobolan Kasus Tak Teridentifikasi

Anies menyebut capaian di Indonesia, khususnya Jakarta dalam mengendalikan pandemi terjadi karena ketelibatan banyak pihak. Mulai dari unsur terkecil di masyarakat hingga pemerintah saling berkolaborasi untuk melawan pandemi Covid-19 ini.

"Alhamdulillah selama beberapa bulan ini kita menyaksikan kerja kolosal yang luar baisa, kita sekarang mengistilahkan dengan terminologi kolaborasi, kerja bersama seluruh komponen," jelasnya.

Kerja bersama atau kolaborasi segala pihak ini juga membuatnya teringat dengan peristiwa rapat raksasa yang dihadiri sekitar 300 ribu orang di Lapangan Ikada, Jakarta dan dipimpin oleh Bung Karno pada 19 September 1945.

Mantan Mendikbud itu menilai peristiwa Ikada dan keberhasilan dalam mengendalikan pandemi Covid-19 saat ini adalah dua hal yang perlu keterlibatan banyak pihak demi keberhasilannya.

"ni mengulang peristiwa september 1945 ketika rakyat dan para pemimpinnya menyatakan sebarisan menyatakan selangkah dan menyatakan bergerak bersama," imbuh dia.

Baca Juga: CDC: Vaksin Covid-19 Paling Efektif Adalah Moderna

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait