alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Rabies Sedunia, Anies: Targetnya Jakarta Jadi Kota Ramah Hewan

Rizki Nurmansyah Selasa, 28 September 2021 | 12:25 WIB

Hari Rabies Sedunia, Anies: Targetnya Jakarta Jadi Kota Ramah Hewan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau vaksinasi bagi pekerja WNA di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/6/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

Untuk mendukung target tersebut, Anies menekankan tiga hal yakni vaksinasi, sterilisasi dan adopsi.

SuaraJakarta.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri puncak peringatan Hari Rabies Sedunia di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (28/9/2021).

Memaknai peringatan Hari Rabies Sedunia, Anies menargetkan Jakarta menjadi kota ramah terhadap hewan.

"Jakarta sudah 17 tahun dideklarasikan sebagai kota bebas rabies tapi targetnya Jakarta menjadi kota yang ramah hewan," kata Anies dikutip dari Antara.

Untuk mendukung target tersebut, Anies menekankan tiga hal yakni vaksinasi, sterilisasi dan adopsi.

Baca Juga: Cegah Penularan Rabies, Pemprov DKI Gandeng Daerah Penyangga Lakukan Vaksinasi HPR

Hingga 27 September 2021, Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan vaksinasi sebanyak 36.700 hewan di antaranya anjing dan kucing.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberi makan kepada kucing liar pada puncak Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap 28 September di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberi makan kepada kucing liar pada puncak Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap 28 September di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa (28/9/2021). [ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna]

Jumlah tersebut sudah 110 persen dari target vaksinasi rabies bagi hewan di DKI Jakarta.

Adapun kucing dan anjing termasuk hewan yang berpotensi menularkan rabies (HPR) dengan jumlah populasi yang banyak di masyarakat.

Selain kucing dan anjing, hewan yang berpotensi menularkan penyakit rabies adalah monyet.

Vaksinasi itu diadakan bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia bersama klinik hewan dan komunitas penyayang hewan serta daerah penyangga Jakarta.

Baca Juga: DPRD Gelar Rapat Paripurna soal Interpelasi Formula E Hari Ini, Begini Reaksi Anies

Dari 110 persen hewan yang divaksin rabies itu, 10 persen di antaranya dilakukan oleh di daerah penyangga Jakarta yakni di Depok, Cibinong, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait