alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mulai Padat, Pengguna KRL Diimbau Hindari Jam-jam Sibuk

Erick Tanjung | Achmad Fauzi Senin, 11 Oktober 2021 | 17:28 WIB

Mulai Padat, Pengguna KRL Diimbau Hindari Jam-jam Sibuk
Ilustrasi--Pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) diimbau untuk menghindari jam-jam sibuk. [Suara.com/Dian Latifah]

Para pengguna yang memiliki fleksibilitas dalam waktu kerja kami ajak untuk memanfaatkan perjalanan KRL di luar jam sibuk, ujar Anne Purba.

SuaraJakarta.id - PT KAI Commuter meminta pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) untuk menghindari jam-jam sibuk saat menggunakan KRL. Adapun, jam-jam sibuk itu diantaranya, pagi hari mulai pukul 04.00-09.00 WIB dan sore hari mulai pukul 16.00-20.00 WIB.

"Para pengguna yang memiliki fleksibilitas dalam waktu kerja kami ajak untuk memanfaatkan perjalanan KRL di luar jam sibuk. Jumlah pengguna KRL pada jam-jam tersebut relatif sepi sehingga tidak ada antrean penyekatan di stasiun," ujar Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Senin (11/10/2021).

Anne melihat, pergerakan pengguna KRL di pagi hari terkonsentrasi pada pukul 06.00 – 08.00 WIB, sedangkan pada sore hari terkonsentrasi pada pukul 16.00 – 18.00 WIB.

Hingga pukul 10.00 WIB tercatat jumlah pengguna KRL sebanyak 163.853 pengguna. Data tersebut tidak jauh beda dengan pengguna pada hari Senin minggu sebelumnya yaitu sejumlah 163.305 pengguna.

Baca Juga: Dari KAI Commuter, Aturan Tambahan Naik KRL untuk Lansia, Balita dan Pelajar

"Di tengah volume pengguna yang terus bertambah seiring masyarakat kembali beraktivitas, KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana berjalan selama masa pandemi ini," imbuh Anne.

KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan penggunaan masker ganda dengan salah satunya adalah masker medis dilapis dengan masker kain sebagaimana yang direkomendasikan para dokter dan Kementerian Kesehatan. Lalu menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik kereta.

Menunjukan sertifikat vaksin sebelum naik KRL kepada petugas secara fisik (dicetak) maupun secara digital, atau melalui scan kode QR yang ada di stasiun dengan aplikasi PeduliLindungi. Scan kode QR juga dapat dilakukan melalui aplikasi lainnya yang sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Operasional dan layanan KRL Jabodetabek saat ini berjalan mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB dengan 994 perjalanan per harinya. KAI Commuter mengoperasikan pelayanan perjalanan KRL dengan memaksimalkan waktu jadwal perjalanan antara KRL (headway) pada jam sibuk pagi dan sore.

Upaya untuk pengaturan operasional pelayanan perjalanan KRL saat ini juga telah dilakukan guna memenuhi protokol kesehatan menjaga jarak aman antar pengguna.

Baca Juga: Info Loker : PT KAI Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA Hingga S1

Terhitung mulai 13 September 2021, pada Lintas Bogor – Jakarta Kota PP (Lin Central) KAI Commuter menambahkan 2 perjalanan KRL menjadi 227 perjalanan, pada lintas Bogor/Depok/Nambo –Angke/Jatinegara (Lin Lingkar) menambahkan 3 perjalanan menjadi 196 perjalanan. KAI Commuter juga menambahkan 6 perjalanan pada lintas Bekasi/Cikarang – Jakarta Kota PP (Lin Bekasi) menjadi 193 perjalanan dari sebelumnya 187 perjalanan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait