alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadi Sekolah Terbaik se-Indonesia Berdasarkan UTBK, Kepala MAN IC Serpong: Itu Bonus

Rizki Nurmansyah Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:52 WIB

Jadi Sekolah Terbaik se-Indonesia Berdasarkan UTBK, Kepala MAN IC Serpong: Itu Bonus
Sejumlah siswa MAN Insan Cendekia Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), tengah beraktivitas di jam waktu istirahat usai belajar, Selasa (12/10/2021). [SuaraJakarta.id/Wivy Hikmatullah]

Target utama program pendidikan yang dilakukan MAN IC Serpong adalah dapat tembus ke perguruan tinggi favorit hingga luar negeri.

SuaraJakarta.id - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong Kota Tangerang Selatan menjadi sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan nilai Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2021. Capaian ini dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit mengatakan, prestasi yang diraih merupakan suatu bonus dan bukan menjadi target yang diutamakan.

Hal itu karena target utama program pendidikan yang dilakukan MAN IC Serpong adalah dapat tembus ke perguruan tinggi favorit hingga luar negeri.

"Saya kira kalau bicara prestasi itu bonus. Karena target kami bukan jadi yang terbaik, tapi bagaimana siswa kami melanjutkan study tembus ke perguruan favorit. Kemudian akhirnya menjadi yang terbaik di indoneisa itu bonus. Karena untuk bisa tembus ke perguruan terbaik itu nilainya harus tinggi. Ketika nilai tinggi dan seluruh siswa ikut mempersiapkan agar tembus ke perguruan favorit, maka secara otomatis pada akhirnya memang kami jadi yang terbaik," kata Basit ditemui SuaraJakarta.id, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Ini 10 SMA Terbaik di Kaltim Versi Kemendikbud Berdasarkan Hasil UTBK 2021, Ada Sekolahmu?

Basit menerangkan, untuk berada di posisi saat ini butuh proses panjang. Tetapi, capaian itu memang sudah menjadi kesepakatan antara orangtua dan siswanya ketika ingin masuk dan bersekolah di MAN IC Serpong.

Ratusan siswa MAN Insan Cendekia Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), tengah mengikuti kegiatan Bimbingan Konseling di ruang teater, Selasa (12/10/2021). [SuaraJakarta.id/Wivy Hikmatullah]
Ratusan siswa MAN Insan Cendekia Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), tengah mengikuti kegiatan Bimbingan Konseling di ruang teater, Selasa (12/10/2021). [SuaraJakarta.id/Wivy Hikmatullah]

Menurut Basit, dalam melakukan aktivitas pembelajaran pihaknya sudah memiliki output dan outcome yang jelas.

"Memang dari awal kita sudah bersepakat, antara siswa, guru dan orangtua. Bahwa ketika masuk ke MAN IC, output dan outcome-nya harus jelas. Sehingga siswa kita sudah terbiasa dari masuk mereka sudah tahu tujuannya. Mereka memang harus tembus ke perguruan tinggi favorit baik di dalam ataupun luar negeri. Sehingga semua proses pembelajarannya akan mengacu ke sana," terang Basit.

Prestasi sebagai sekolah terbaik se-Indonesia itu bukan satu-satunya. Basit menyebut, sekolahnya memiliki prestasi olimpiade nasional hingga tingkat internasional. Terbaru di tahun ini, para siswanya mendapat medali perak dan perunggu di olimpiade Kimia dan Biologi tingkat internasional.

"Hari ini kami tinggal mempertahankan prestasi tingkat nasional, karena mempertahankan itu lebih sulit dibandingkan mendapatkan. Kemudian tentunya di level internasional, alhamdulillah MAN IC sampai saat ini masih konsisten di bidang olimpiade dan selalu mendapat medali internasional setiap tahun terbaru di Olimpiade Bilogi dan Kimia pada awal tahun 2021," ungkap Basit.

Baca Juga: 50 Sekolah Terbaik 2021, Nomor Satu Ada di Serpong, Banten

"Satu lagi Olimpiade Astronomi November nanti siswa kami akan bertanding di event intrernasional. Itu tidak mudah, panjang tahapannya. Mungkin orang melihat hanya dapat medalinya. Padahal mereka mulai dari tingkat sekolah, provinsi, nasional dan international. Seleksi ke internasional pun panjang dan itu tidak mudah. Alhamdulillah kita bisa istiqomah, konsisten meraihnya," sambung Basit.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait