alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sampah Kiriman Menumpuk di Pintu Air Manggarai, Debit Air Sempat Meningkat

Rizki Nurmansyah Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:28 WIB

Sampah Kiriman Menumpuk di Pintu Air Manggarai, Debit Air Sempat Meningkat
Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan pengangkutan sampah kiriman di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). [ANTARA/Mentari Dwi Gayati]

"Sampah ini terbawa karena sempat di Depok itu pintu air siaga tiga."

SuaraJakarta.id - Debit air sungai di Pintu Air Manggarai sempat mengalami peningkatan pada, Rabu (20/10/2021) dini hari, akibat sampah kiriman dari hulu Sungai Ciliwung menumpuk.

Kepala Satuan Pelaksana Wilayah Kerja Jakarta Pusat Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air, Farry Andiko menjelaskan, sampah kiriman sampai di pintu air Manggarai meningkat hingga mencapai 250 meter kubik.

"Sampah ini terbawa karena sempat di Depok itu pintu air siaga tiga, makanya volume sampah yang ada di pintu air Manggarai cukup besar," kata Farry saat dikonfirmasi.

Farry menjelaskan bahwa pos pemantau pintu air Depok sempat mencapai siaga tiga dengan ketinggian muka air mencapai 203 sentimeter pada Selasa (19/10) malam.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Mengusir Lalat yang Menyebalkan dari Rumah, Praktis Tanpa Ribet!

Akibatnya, debit air di pintu air Manggarai juga sempat meningkat hingga 725 sentimeter pada Rabu dini hari, namun masih berstatus siaga empat.

"Saat ini, tinggi muka air di pintu air Manggarai sudah turun pada level 655 sentimeter," katanya.

Petugas dari UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pun sudah melakukan pengangkatan sampah sejak Rabu pagi dengan pengerahan tiga alat berat.

Kemudian, lima mobil pengangkut sampah yang terdiri dari empat kendaraan truk besar dan satu tronton dikerahkan. Saat ini petugas masih menyelesaikan pengangkutan sampah di pintu air Manggarai.

"Sudah hampir kelar ini pengangkutan sampah-sampah," kata Farry.

Baca Juga: Sampah Medis Berserakan di TPA Burangkeng, Kepala Dinkes: Kita Sudah SOP

Adapun jenis sampah yang terbawa arus sungai bervariasi, seperti sampah rumah tangga, plastik, bambu bahkan kasur dan lemari pakaian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait