alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Respon Warga Jaksel Soal Toilet SPBU Digratiskan

Erick Tanjung Selasa, 23 November 2021 | 19:35 WIB

Begini Respon Warga Jaksel Soal Toilet SPBU Digratiskan
Erick Thohir Tegur Penjaga Toilet SPBU. (Instagram/@erickthohir)

"Saya setuju toilet di SPBU digratiskan. Sebagian besar SPBU memang sudah menggratiskan toiletnya," kata Erick.

SuaraJakarta.id - Warga Jakarta Selatan mendukung langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang menginstruksikan semua jaringan SPBU Pertamina menggratiskan toiletnya kepada pengunjung.

Salah seorang warga, Suharjo, mengatakan, langkah itu positif bagi para konsumen SPBU. Karena, toilet di SPBU meskipun dipasang tarif Rp2 ribu, tapi kalau sedang tidak ada uang receh, jadi serba salah.

"Saya setuju toilet di SPBU digratiskan. Sebagian besar SPBU memang sudah menggratiskan toiletnya," kata Erick Thohir, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/11/2021).

Salah seorang pengendara sepeda motor, Putra Yusamudra, juga menyatakan, mendukung langkah Erick Thohir agar toilet di SPBU Pertamina digratiskan.

Baca Juga: Disentil Erick Thohir, Pertamina Instruksikan SPBU di Probolinggo Gratiskan Toilet

"Kalau SPBU memasang tarif untuk toiletnya, maka toilet itu harus selalu dalam keadaan bersih dan penjaga mendapat honorarium yang jelas," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, SPBU di Jalan Fatmawati, Pangeran Antasari, hingga Jalan Kemang Raya, toiletnya tidak dipasang tarif Rp2 ribu, untuk buang air kecil dan buang air besar. Baik itu SPBU dengan logo Pertamina maupun SPBU lainnya, seperti Shell dan Total.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menginstruksikan direksi Pertamina agar menggratiskan toilet di semua SPBU Pertamina yang dikelola langsung maupun dikerjasamakan dengan swasta.

"Kepada direksi Pertamina, saya harapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena SPBU sudah dapat (keuntungan) dari penjualan bensin, juga toko kelontongnya. Jadi masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun Instagram resminya @erickthohir di Jakarta, Selasa.

Erick menyatakan, heran ketika mendapati ada biaya Rp2 ribu sampai Rp4 ribu bagi masyarakat yang menggunakan toilet di SPBU Pertamina di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Baca Juga: Disentil Erick Thohir, Toilet SPBU di Depok Gratis, Netizen: Ada Yang Urus Gak Tuh

Erick menyatakan, akan menindaklanjuti pungutan biaya di toilet umum SPBU tersebut dengan menghubungi pemilik SPBU, setelah Menteri BUMN menggunakan toilet berbayar di SPBU Pertamina itu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait