alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sempat Amblas, Dinas SDA DKI Buat Lubang Tambahan Pada Sumur Resapan di Lebak Bulus

Erick Tanjung Minggu, 05 Desember 2021 | 23:43 WIB

Sempat Amblas, Dinas SDA DKI Buat Lubang Tambahan Pada Sumur Resapan di Lebak Bulus
Petugas memperbaiki sejumlah drainase vertikal (sumur resapan) di Jalan Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan, dengan membuat lubang tambahan di atas sumur resapan, Minggu (5/12/2021). Antara/Sihol Hasugian

"Kami sedang membuat lobang pada sumur resapan yang tidak berfungsi, agar air hujannya masuk. Karena, kemarin amblas dan rusak," kata petugas Dinas SDA DKI Jakarta.

SuaraJakarta.id - Dinas Sumber Daya Air atau SDA DKI Jakarta memperbaiki sejumlah sumur resapan di Jalan Lebak Bulus III Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan, dengan membuat lubang tambahan di atas sumur resapan yang sebelumnya mengalami kerusakan.

"Kami sedang membuat lobang pada sumur resapan yang tidak berfungsi, agar air hujannya masuk. Karena, kemarin amblas dan rusak," kata seorang petugas Dinas SDA DKI Jakarta, di lokasi Jalan Lebak Bulus III, Minggu (5/12/2021).

Dinas SDA DKI melalui kontraktor membuat lubang air di lokasi sumur resapan yang sudah ditutupi aspal sehingga bisa menyerap air hujan ke dalam tanah. "Ada 11 lubang air dari 29 sumur resapan di Jalan ini" ujarnya.

Berdasarkan pantauan Antara, pembuatan lubang pada sumur resapan itu dilakukan sepanjang lebih dari 50 meter hingga menutupi sumur.

Baca Juga: Anies Perintahkan Jajarannya Evaluasi Pekerjaan Kontraktor Sumur Resapan

Perbaikan sumur resapan itu dilakukan untuk menampung aliran air jika curah hujan tinggi, sehingga dapat mengantisipasi genangan di sekitar lokasi tersebut. "Di lingkungan gereja ini sering tergenang jika turun hujan deras, makanya diperbaiki," tutur dia.

Petugas tersebut menjelaskan, perbaikan sumur resapan itu ditujukan agar sumur resapan berfungsi baik pada saat hujan deras turun.

Sementara itu Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris, enggan menyampaikan keterangannya terkait perbaikan sumur resapan tersebut. "Nanti tunggu keterangan resmi aja dari Pemprov, agar tidak ada pandangan berbeda," katanya.

Sebelumnya, deretan sumur resapan itu dikeluhkan pengendara karena kondisi jalan di lokasi itu menjadi rusak. (Antara)

Baca Juga: Kasus Kebakaran Gedung Cyber 1 Kuningan, Polisi Periksa Empat Saksi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait