facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Deretan Tips Aman Berbelanja Online

Fabiola Febrinastri Selasa, 11 Januari 2022 | 12:09 WIB

Deretan Tips Aman Berbelanja Online
Ilustrasi belanja online. (Shutterstock)

Dengan berbelanja di official store, keamanan Anda saat bertransaksi sudah tentu terjamin.

SuaraJakarta.id - Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat sudah semakin terbiasa dengan kegiatan belanja secara online. Kemajuan teknologi dan juga kemudahan dalam mencari barang-barang yang diinginkan, membuat belanja online semakin diminati masyarakat. Belum lagi, sederet promo dan diskon yang semakin membuat masyarakat tergiur untuk berbelanja.

Meski begitu, Anda harus tetap hati-hati saat bertransaksi secara online. Bukan tidak mungkin Anda akan tertipu dan mengalami kerugian. Berbelanja di official store sebuah brand atau merek tertentu, jadi langkah tepat untuk menghindari penipuan. Selain itu, ada beberapa tips aman lainnya saat berbelanja online. Simak penjelasannya di bawah ini!

Berbelanja di Official Store
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda sebaiknya berbelanja di official store sebuah barang yang ingin Anda beli. Tentu saja hal ini bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mendapatkan barang palsu, atau yang lebih parah barang yang Anda beli tidak pernah dikirim.

Dengan berbelanja di official store, keamanan Anda saat bertransaksi sudah tentu terjamin. Mulai dari keaslian barang, pengiriman, bahkan sampai asuransi untuk barang yang Anda beli biasanya bisa Anda dapatkan dengan mudah jika berbelanja di official store.

Baca Juga: Sejarah Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas

Salah satu contohnya, Anda bisa berbelanja di berbagai official store yang ada di Blibli. Mulai dari kategori elektronik seperti smartphone, perhiasan, sampai produk ibu dan anak bisa Anda dapatkan di Blibli, dan tentunya terjamin keaslian dan keamanannya.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu
Anda tentu pernah tergiur dengan harga murah dari barang yang Anda ingin beli, bukan? Hal tersebut tentu sangat wajar, tapi Anda harus berhati-hati. Harga murah bisa saja pertanda buruk, barang tidak original misalnya. Untuk itu Anda perlu melakukan sedikit riset sebelum melakukan transaksi.

Anda bisa melihat harga pasaran dari sebuah barang yang Anda inginkan. Jika selisih harganya terlalu jauh, Anda patut untuk curiga. Namun jika perbedaan harga masih masuk dalam kategori wajar, rasanya tak ada masalah untuk membelinya. Bisa saja toko online tempat Anda ingin membeli barang tersebut sedang mengadakan sebuah promo.

Teliti Sebelum Membeli
Salah satu kebiasaan yang kurang baik saat melakukan belanja online adalah tidak membaca keterangan barang yang dijual dengan teliti dan cermat. Padahal, hal tersebut sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya, saat Anda ingin membeli sepatu bola. Pastikan terlebih dahulu ukuran dari sepatu bola yang ingin Anda beli. Karena bisa saja ukuran antara satu merek dengan merek yang lain berbeda. Hal-hal tersebut biasanya tertera di deskripsi produk suatu barang yang dijual secara online.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Cara Hindari COD Fiktif Saat Belanja Online

Manfaatkan Fitur yang Ada
Kebanyakan platform untuk belanja online biasanya memiliki beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya fitur review atau ulasan. Anda bisa memanfaatkan review atau ulasan orang-orang yang terlebih dahulu membeli barang yang Anda inginkan. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk memutuskan, apakah barang incaran Anda layak untuk dibeli atau tidak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait