facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tahun Baru Imlek: Tujuan Perayaan dan 12 siklus Penuh Bulan

Pebriansyah Ariefana Senin, 17 Januari 2022 | 11:39 WIB

Tahun Baru Imlek: Tujuan Perayaan dan 12 siklus Penuh Bulan
40 Kata-kata Selamat Tahun Baru Imlek 2022 (Freepik)

Tahun Baru Imlek berlangsung pada hari yang berbeda dalam kalender setiap tahun. Tahun ini, tahun baru Imlek jatuh pada 1 Februari 2022, yang menandai awal tahun harimau.

SuaraJakarta.id - Pernahkah terpikir oleh Anda tujuan perayaan Imlek? Tahun Baru Imlek, yang dikenal sebagai Festival Musim Semi di beberapa daerah, adalah perayaan awal tahun baru menggunakan kalender lunisolar.

Tahun Baru Imlek berlangsung pada hari yang berbeda dalam kalender setiap tahun. Tahun ini, tahun baru Imlek jatuh pada 1 Februari 2022, yang menandai awal tahun harimau.

Perayaan Imlek adalah tradisi yang dirayakan di Cina dan beberapa negara Asia lainnya seperti Korea Selatan dan Vietnam.

Satu tahun lunar mencakup 12 siklus penuh bulan dan sekitar 354 hari, meskipun terkadang satu bulan tambahan ditambahkan agar lebih sesuai dengan tahun matahari (tahun 365 hari yang mungkin Anda kenal).

Baca Juga: Tujuan Perayaan Imlek yang Menarik Untuk Diketahui

Tujuan perayaan Imlek. Perayaan Imlek ini memiliki tujuan yang bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Tetapi di Cina, Tahun Baru Imlek adalah acara 15 hari dengan pesta keluarga dan orang-orang bepergian jauh yang bertujuan agar berkumpul dengan orang yang mereka cintai.

Tujuan perayaan Imlek lainnya yaitu melestariakan budaya. Saat perayaan Imlek, biasanya ada kaligrafi di atas kertas persegi berwarna merah dan digantung dalam bentuk berlian. Karakternya adalah [fú], yang digantung terbalik, ini bertujuan agar keberuntungan mengalir pada Anda.

Selain budaya, tujuan perayaan imlek juga untuk melestarikan makanan tradisional.

Adapun beragam makanan tradisional tersebut yaitu nian gao (kue beras tahun baru), ikan utuh, ayam utuh, pangsit, tangyuan (bola nasi manis), jamur shiitake rebus, jeruk keprok, dan banyak lagi.

Bukan hanya itu, setiap makanan yang tersedia juga memiliki maknanya tersendiri. Misalnya, keberadaan seluruh ikan dan ayam utuh, makanan tersebut melambangkan nilai-nilai persatuan dan kelimpahan yang merupakan bagian integral dari liburan Tahun Baru Imlek.

Baca Juga: Masih PPKM Level 2, Begini Penyelenggaraan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang

Demikiantujuan perayaan Imlek yang perlu Anda ketahui.

(Ulil Azmi)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait