Urutan Sembahyang Imlek 2022 Agama Khonghucu, Lengkap dengan Jadwal Persembahyangan

Umat Khonghucu akan merayakan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzi Li, tepatnya pada tanggal 1 Zheng Yue 2573 Kongzi Li (1 Februari 2022).

Pebriansyah Ariefana
Senin, 31 Januari 2022 | 11:02 WIB
Urutan Sembahyang Imlek 2022 Agama Khonghucu, Lengkap dengan Jadwal Persembahyangan
Warga melihat ornamen dengan nuansa Imlek yang di pasang di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Sabtu (29/1/2022). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

SuaraJakarta.id - Urutan sembahyang Imlek 2022 agama Khonghucu. Imlek 2022 jatuh pada 1 Februari Selasa besok. Dalam artikel ini juga ada pembahasan jadwal persembahyangan Imlek.

Ws.Mulyadi Liang, Rohaniwan Khonghucu memberikan jadwal persembahyangan Tahun Baru Imlek 2022/2573 Kongzi Li melalui tulisannya yang dirilis di situs kemenag.go.id.

Umat Khonghucu akan merayakan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzi Li, tepatnya pada tanggal 1 Zheng Yue 2573 Kongzi Li (1 Februari 2022).

Selain menyiapkan baju baru, kue keranjang atau membersihkan rumah, umat Khonghucu juga bersiap untuk kegiatan yang lebih religius.

Baca Juga:Angel Lelga Siapkan Angpao Jelang Tahun Baru Imlek

Berikut Jadwal Persembahyangan Imlek 2022:

1. Sembahyang Besar Kepada Tian Yang Maha Esa

Dilaksanakan pada tanggal 8 malam menjelang 9 Zheng Yue pada saat Zhisi (pukul 23.00-01.00). Sembahyang dilakukan dengan cara menghadap pintu keluar atau di tanah lapang. Altar dibuat dari sebuah meja yang tinggi, dapat dilaksanakan secara bersama-sama ataupun perorangan. Pimpinan upacara seorang rohaniwan tertinggi yang ada; bila dilaksanakan di rumah, maka dipimpin oleh kepala keluarga.

Sebelum pelaksanaan upacara sembahyang besar kepada Tian ini, umat Khonghucu diwajibkan untuk berpantang dan bersuci diri (chizai) mulai pada hari ke-2 Tahun Baru sampai selesai pelaksanaan upacara sembahyang besar ini. Upacara sembahyang besar kepada Tian ini ditutup dengan melakukan San Gui Jiu Kou (tiga kali berlutut, sembilan kali menundukkan kepala ke lantai)

2. Sembahyang Syukur Shangyuan/Yuanxiao

Baca Juga:Imlek, Ini 5 Film yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Dilaksanakan pada tanggal 15 Zheng Yue, waktunya antara saat Chenshi dan Zhishi (pukul 15.00-01.00). Sembahyang dapat dilakukan dengan cara dianxiang maupun upacara besar, biasanya diselenggarakan acara yang bersifat syukuran.

Pelaksanaan sembahyang dapat dilakukan dalam keluarga atau di miao/kelenteng. Yuanxiao melambangkan saat berkah mulai diturunkan atas penghidupan dalam tahun yang bersangkutan, maka biasanya dilakukan upacara sembahyang besar bagi para suci (Shenming) untuk keselamatan dan berkah bagi masyarakat dalam penghidupan.

Perlu diketahui bahwa, setiap peribadahan umat Khonghucu selalu dilakukan kepada leluhur, kepada Nabi/Shenming, kepada bumi dan kepada Tian Yang Maha Esa. Sembahyang syukur Yuanxiao ini sebagai penutup dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek yang digelar sejak tanggal 1 Zheng Yue.

3. Hari Persaudaraan

Seminggu sebelum perayaan Tahun Baru Imlek, umat Khonghucu wajib melakukan kegiatan sosial. Misalnya dengan berdana atau membagikan berbagai macam kebutuhan pokok, makanan, pakaian dan sebagainya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Hari ini dikenal dengan Hari Persaudaraan, tepatnya jatuh pada tanggal 24 bulan ke-12 Kongzi Li.

4. Sembahyang Leluhur

Sehari menjelang saat Tahun Baru Imlek, setiap keluarga melaksanakan sembahyang kepada leluhur di rumah masing-masing, yaitu sembahyang tutup tahun lama. Sembahyang dilaksanakan pada saat Weishi (pukul 13.00-15.00)

5. Sembahyang Syukur Malam Penutupan Tahun (Malam menjelang Yuandan)

Sembahyang dilaksanakan oleh keluarga pada saat Zhishi (pukul 23.00-01.00), cukup dilakukan dengan dianxiang (tiam hio, dialek Hokkian), kecuali bila telah melakukan nazar (janji/kaul) wajib dilakukan dengan menyiapkan altar lengkap.

Demikian jadwal persembahyangan Imlek 2022 untuk agama Khonghucu.

News

Terkini

Belasan orang operator atau costumer service judi online dibekuk polisi di sebuah apartemen yang berada di Kawasan Pluit.

News | 17:33 WIB

Kepala BPBUMD DKI Jakarta Fitria Rahadiani angkat bicara soal desakan menggabungkan tujuh anak usaha milik PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

News | 11:31 WIB

Syamsul Huda dicari polisi karena merudapaksa mantan kekasihnya YO. Parahnya lagi, ia mengunggah mantan kekasihnya dalam kondisi tanpa busana di status WhatsApp.

News | 20:50 WIB

Pemprov DKI Jakarta bakal meresmikan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) alias Skywalk Kebayoran Lama, Jaksel.

News | 20:13 WIB

Mantan Anggota TGUPP Tatak Ujiyati ikut pasang badan terkait pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut proyek sedotan Kali Ciliwung mangkrak enam tahun.

News | 18:47 WIB

Unit Reskrim Polsek Tambora meringkus dua pelaku pencurian dan seorang penadah hasil curian kendaraan bermotor. Pada Minggu (22/1/2023) kemarin.

News | 18:18 WIB

Pemprov DKI Jakarta anggarkan dana Rp4,7 miliar untuk pengadaan lift baru dan pemeliharaan lift lama di Gedung DPRD DKI Jakarta.

News | 18:00 WIB

Event ini diramaikan oleh 16 travel agent.

Lifestyle | 17:57 WIB

Seleksi Setda DKI Jakarta pengganti Marullah Matali menyisakan enam calon.

News | 17:00 WIB

Tak lagi melebarkan jalan untuk atasi macet, Pemprov DKI pilih buat jalan tembus pada ruas jalan yang belum terhubung.

News | 12:51 WIB

Penerapan jalan berbayar juga belum tentu dapat mengurai kemacetan.

News | 22:01 WIB

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus menambahkan permohonan penangguhan merupakan hak tersangka.

News | 21:32 WIB

Satu gudang yang berisi satu unit konveksi bordir serta tiga kendaraan hangus terbakar di wilayah Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (25/1/2023).

News | 19:45 WIB

Rapat kerja rencana jalan berbayar atau ERP antara Komisi B DPRD DKI Jakarta dengan Pemprov Jakarta kembali gagal.

News | 19:02 WIB

Perwakilan DPRD DKI Jakarta akhirnya menemui massa aksi ojol yang menolak rencana pemberlakuan ERP.

News | 15:50 WIB
Tampilkan lebih banyak