facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Selain di Jakarta, Perayaan Hari Buruh Juga Berlangsung di 50 Kota Lainnya

Rizki Nurmansyah | Yosea Arga Pramudita Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:33 WIB

Selain di Jakarta, Perayaan Hari Buruh Juga Berlangsung di 50 Kota Lainnya
Presiden KSPI Said Iqbal mengunjungi kediaman Dafa (2), balita penderita gizi buruk di Tegal Alur, Jakarta Barat, Jumat (13/5/2022). [Suara.com/Faqih Fathurrahman]

Massa buruh terlebih dahulu akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI.

SuaraJakarta.id - Partai Buruh dan serikat lainnya akan menggelar puncak perayaan Hari Buruh bertajuk 'Fiesta' di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (14/5/2022). Sebelum itu, massa buruh terlebih dahulu akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI.

Presiden Partai Buruh cum Presiden KSPI, Said Iqbal menyampaikan, aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI akan berlangsung sejak pukul 10.00-12.00 WIB. Kemudian, pada pukul 13.00-17.30 WIB, massa akan berkumpul di Stadion Utama GBK.

"Kegiatan ini adalah rangkaian peringatan May Day. Di mana pada tanggal 1 Mei kami juga melakukan aksi di KPU yang dilanjutkan dengan May Day Fiesta di Gedung Perfilman Usmar Ismail," kata Said dalam siaran persnya hari ini.

Tidak hanya itu, perayaan Hari Buruh juga akan berlangsung di sejumlah daerah lainnya. Mulai dari Surabaya, Semarang, Medan, Aceh, Yogyakarta, hingga Maluku.

Baca Juga: Geruduk Gedung DPR, Massa Buruh Bentang Spanduk Raksasa Sampaikan 17 Tuntutan

"Salain kegiatan di Jakarta, secara bersamaan, juga akan dilakukan aksi serempak di 50 Kota Industri di berbagai daerah: 20 ribu buruh di Surabaya, 5 ribu buruh di Semarang, 15 ribu buruh di Batam, 5 ribu buruh di Medan, dan puluhan ribu buruh lainnya yang tersebar di kota-kota industri seperti Yogyakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makasar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, Ternate, dan beberapa kota industri lainnya," jelas Said.

Said menambahkan, pada perayaan Hari Buruh Fiesta kali ini, akan diisi oleh orasi dari serikat buruh internasional dan Partai Buruh dari negara lain. Dari serikat buruh Internasional adalah Sekjen ITUC Sharan Burraw, Sekjen ITUC AP Shoya Yoshida, Presiden Serikat Buruh Jerman DGB, Presiden Serikat Buruh Brasil CUT, Presiden Serikat Buruh Australia ACTU, Presiden Serikat Buruh Finlandia PRO.

Kegiatan ini, beber Said, sekaligus menjadi momentum bagi Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia untuk menunjukkan bahwa aksi yang melibatkan jumlah massa buruh yang besar, tetap dapat dilakukan dengan damai tanpa perlu melakukan cara-cara inkonstitusional.

Menurut Said Iqbal, saat ini Partai Buruh sudah berhasil menyusun kepengurusan di 34 provinsi, 480 kabupaten/kota, dan lebih dari 3.000 kecamatan. Dengan kader militan teregistrasi KTA Partai Buruh maupun by NIK KTP, hingga saat ini 250.000 orang, dengan target hingga agustus 2022 sebanyak 513.250 orang kader Partai Buruh yang teregistrasi by NIK KTP.

“Kami optimis Partai Buruh akan lolos verifikasi KPU dan lolos parlementary threshold dalam Pemilu 2024,” kata Said Iqbal.

Baca Juga: Baraccuda Bersiaga Amankan Perayaan Hari Buruh di GBK

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait