facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Timnas Indonesia Melaju ke Piala Asia 2023, Ketum PSSI Bilang Begini

Rizki Nurmansyah Rabu, 15 Juni 2022 | 06:16 WIB

Timnas Indonesia Melaju ke Piala Asia 2023, Ketum PSSI Bilang Begini
Timnas Indonesia saat menghadapi Nepal pada matchday ketiga atau terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait , Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. [PSSI]

Kualifikasi Piala Asia 2023 hanya meloloskan juara grup dan lima runner-up terbaik.

SuaraJakarta.id - Timnas Indonesia mengakhiri 15 tahun penantian untuk melaju ke putaran final Piala Asia. Ini setelah Timnas dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023, menempati urutan kedua.

Diketahui, kualifikasi Piala Asia 2023 hanya meloloskan juara grup dan lima runner-up terbaik. Timnas Indonesia menempati peringkat kedua runner-up terbaik dengan koleksi enam poin +7 gol.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun menyambut baik perjuangan para pemain dan pelatih Shin Tae-yong setelah lolosnya Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023.

"Alhamdulillah kita lolos ke Piala Asia 2023. Terima kasih kepada seluruh staf pelatih, pemain yang bermain luar biasa, suporter yang mendukung perjuangan pemain di Kuwait, doa semua warga negara Indonesia, dan dukungan Exco PSSI," ujar Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Video Highlights Kemenangan Telak Timnas Indonesia atas Nepal yang Antar Garuda ke Piala Asia 2023

"Lolosnya Indonesia bukan karena jasa perorangan, tetapi karena kerja bersama-sama secara kolektif kolegial. Sekali lagi terima kasih semuanya," kata Iriawan menambahkan.

Skuat Merah Putih memastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah di laga terakhir Grup A di Stadion Jaber Al-Ahmad International dini hari tadi menang 7-0 atas Nepal.

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Nepal

Tampil dengan target harus menang untuk lolos, Fachruddin dan kawan-kawan langsung bermain menekan sejak kick-off. Beberapa peluang langsung tercipta di menit-menit awal tersebut, namun masih belum membuahkan hasil.

Barulah pada menit ke-6, tepatnya setelah peluang di kotak penalti, bola yang jatuh ke kaki Asnawi Mangkualam di sisi kiri pertahanan Nepal, berhasil dikirimkannya dengan matang ke tengah kotak di mana sudah menunggu Dimas Drajad. Penyerang timnas Indonesia itu pun menyundulnya dengan sempurna, membuka gol kemenangan di pertandingan ini.

Baca Juga: Klub Liga Inggris Ucapkan Selamat usai Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Unggul 1-0, tim asuhan Shin Tae-yong lantas bermain lebih bersemangat, meski kemudian malah sering tampak terlalu tergesa-gesa ketika mendapatkan bola. Hasilnya, dalam menit demi menit yang kemudian berjalan, beberapa kali harus terjadi salah umpan, bahkan blunder yang dilakukan oleh para pemain Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait