facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Deretan Chipset Terbaik untuk Game, Main Lancar Anti Ngelag

Fabiola Febrinastri Senin, 20 Juni 2022 | 15:19 WIB

Deretan Chipset Terbaik untuk Game, Main Lancar Anti Ngelag
Ilustrasi ponsel (Pixabay/stevepb)

Untuk main game, perlu chipset yang gahar dipadu dengan RAM yang besar.

SuaraJakarta.id - Saat hendak memilih ponsel baru, banyak sekali komponen yang jadi pertimbangan. Salah satunya adalah chipset atau prosesor yang diusung. Tidak bisa dipungkiri, fungsi chipset yang sangat vital membuatnya jadi pertimbangan utama. Apalagi jika beli ponsel digunakan untuk main game, perlu chipset yang gahar dipadu dengan RAM yang besar.

Dengan memilih chipset yang tangguh, akan membuat ponsel jadi lebih gesit dan ngebut untuk digunakan berbagai hal. Main game bisa jadi lancar, bisa digunakan untuk multitasking berbagai aktivitas sekaligus. Bagi Anda yang sedang mencari informasi chipset terbaik untuk mendukung main game makin lancar, intip di sini deretannya.

1. Apple A15 Bionic
Siapa yang tidak kenal dengan berbagai produk keluaran Apple, hampir semuanya laris manis di pasaran. Beberapa waktu lalu, merek gadget kelas premium tersebut meluncurkan chipset terbaru bernama Apple A15 Bionic yang digadang-gadang jadi prosesor tergesit yang ada saat ini.

Apple A15 Bionic menggunakan teknologi 5 nanometer dan mencakup 15 miliar transistor sekaligus CPU 6-core dan GPU 4-core. Dengan begitu, banyak sekali peningkatan dari versi yang sebelumnya. Bahkan digadang-gadang memiliki peningkatan CPU sebanyak 40% dari generasi yang sebelumnya.

Sampai saat ini, hanya ada beberapa seri iPhone terbaru yang mengusung chipset A15 Bionic. Yaitu iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Dengan berbagai peningkatannya, main game akan jadi lebih menyenangkan dengan memanfaatkan chipset satu ini.

2. MediaTek Dimensity 900
Chipset selanjutnya adalah MediaTek Dimensity yang mulai diluncurkan pada Maret 2022. Chipset berutan MediaTek ini juga masuk jajaran premium yang memiliki performa tinggi. Teknologi yang diusung adalah fabrikasi 4nm yang digadang-gadang mampu menyaingi kinerja dari Apple A15 Bionic.

MediaTek mengklaim chipset satu ini menjadi yang paling canggih dalam hal teknis. Skor AnTuTu dari chipset ini adalah lebih dari satu juta poin untuk pertama kalinya. Sementara dalam hal grafis, menjadi chip pertama yang memanfaatkan Graphics Processing Unit (GPU) Mali 6710.

Tidak berhenti di situ saja, total chache di MediaTek Dimensity 900 ini adalah 14MB. Dan hal tersebut membuatnya memiliki performa mirip dengan PC namun di smartphone. Sangat menarik sekali, bukan? Dari segi kamera, fitur Image Signal Processor atau IPS 18-bit bisa mendukung sampai 320MP.

3. Apple A14 Bionic
Sebelum ada Apple A15 Bionic, sudah terlebih dahulu ada Apple A14 Bionic. Jika dibandingkan, sebenarnya perbedaannya tidak terlalu signifikan. Karena itulah bagi Anda yang masih memiliki keterbatasan budget, bisa memilih versi yang satu ini.

Chipset yang bagus dan bisa diandalkan untuk berbagai permainan berat. Dalam hal performa, chipset satu ini diciptakan menggunakan fabrikasi 5 nanometer dengan 11,8 miliar transistor.

Dibanding versi yang sebelumnya, yakni A13 Bionic, kinerjanya meningkat sampai 40 persen sebanding dengan peningkatan dayanya. Jika menggunakan chipset ini, unit pemrosesan utama memiliki 6 inti CPU yang terdiri dari 2 core kinerja tinggi dan 4 core hemat daya.

4. Qualcomm Snapdragon 888 Plus
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 Plus juga masuk kelas premium yang ditanamkan pada ponsel-ponsel kelas flagship. Produk satu ini sudah mulai dirilis sejak acara Mobile World Congress 2021 dan ditawarkan dengan peningkatan kinerja jika dibandingkan dengan versi Snapdragon 888 yang reguler. Dalam hal CPU misalnya, terjadi peningkatan sampai 5,2 persen.

Tidak hanya CPU saja, dari segi kinerja AL Engine, mengingat dari 26 TOPS menjadi 32 TOPS. Pengolahan grafisnya sendiri adalah Adreno 660 sudah dengan clock speed 840MHz. chipset satu juga telah mendukung integrasi dengan jaringan 5G dan bisa mendukung ponsel-ponsel dengan RAM sampai 16GB.

Baca Juga: Gandeng Shopee, Brand Lokal Jedai Haircules By Declip Pecahkan Rekor MURI

Sampai saat ini banyak sekali ponsel yang mengusung chipset ini, misalnya saja Asus ROG Phone 5S Pro, Vivo Iqoo 9, dan lain sebagainya. Jika Anda penggemar chipset besutan Qualcomm, inilah jenis yang paling baik saat ini ada.

5. Samsung Exynos 2200
Satu lagi adalah Samsung Exynos 2200 yang diumumkan pada Januari 2022. In merupakan chipset terbaru dari Samsung yang memiliki GPU berbasis arsitektur AMD RDNA 2. Sudah juga dilengkapi dengan core CPU berbasis Arm yang paling mutakhir dan juga neural processing unit atau NPU, jadi akan menghadirkan pengalaman yang mengagumkan jika dimanfaatkan bermain game di smartphone.

Chipset ini juga dibangun dengan proses bernama EUV atau extreme ultraviolet lithography 4-nanometer paling canggih yang dikombinasikan dengan beberapa teknologi lain. Untuk pengalaman game lebih baik lagi, chipset ini juga telah dilengkapi dengan fitur canggih grafis seperti halnya Ray Tracing atau RT.

Sampai di sini pembahasan tentang chipset terbaik yang bisa dipilih untuk bermain game dengan lancar. Ingin berburu ponsel dengan chipset di atas? Jangan lupa pesannya di Shopee. Jika ingin beli secara offline, Anda juga bisa manfaatkan fitur dari Shopee bernama SPinjam.

SPinjam sendiri layanan pinjaman tunai dari Shopee yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi ini merupakan cara pinjam uang di Shopee yang sudah aman dan terpercaya. Supaya Anda bisa menikmati fitur tersebut, segera aktifkan layanan SPinjam lewat akun Shopee Anda. Penuhi semua syaratnya dan nikmati berbagai kemudahannya.

Baca Juga: Kampus UMKM Shopee Makassar Diresmikan, Gubernur Andi Sudirman Berharap UMKM Sulsel Segera Naik Kelas

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait