facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengerjaan Revitalisasi Trotoar di Kawasan Kota Tua Capai 80 Persen,

Chandra Iswinarno Kamis, 30 Juni 2022 | 17:43 WIB

Pengerjaan Revitalisasi Trotoar di Kawasan Kota Tua Capai 80 Persen,
Trotoar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat ketika masih direvitalisasi, Selasa (15/2/2022). [ANTARA/Walda]

Pengerjaan revitalisasi trotoar untuk pejalan kaki di Kawasan Kota Tua, Taman Sari Jakarta Barat masih terus berjalan.

SuaraJakarta.id - Pengerjaan revitalisasi trotoar untuk pejalan kaki di Kawasan Kota Tua, Taman Sari Jakarta Barat masih terus berjalan.

Meski begitu, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta mengklaim proyek revitalisasi tersebut sudah mencapai 80 persen.

"Secara keseluruhan sekarang sudah sekitar 80,86 persen, rencana diselesaikan di bulan Juli tahun ini," kata Sub Koordinator Urusan Pembangunan dan Peningkatan Kelengkapan Jalan pada Dinas Bina Marga Jakarta Sigit Widodo pada Kamis (30/6/2022).

Proyek revitalisasi trotoar tersebut sebelumnya dilakukan agar kawasan Kota Tua bisa dinikmati wisatawan dengan berjalan kaki secara nyaman.

Baca Juga: Habiskan Akhir Pekan di Kota Tua Jakarta

Beberapa titik yang dilakukan revitalisasi dalam pengerjaan trotoar tersebut berada di beberapa ruas jalan, meliputi Jalan Ketumbar, Jalan Kemukus dan Jalan Lada Dalam.

Sementara itu, total trotoar yang dikerjakan dalam revitalisasi tersebut sepanjang 2,11 kilometer dengan lebar tiga meter.

Nantinya, trotoar itu akan dilengkapi dengan beberapa bangku, pepohonan, jalur sepeda hingga ubin pengarah untuk disabilitas (guiding block).

Walau sudah mencapai 80 persen, Sigit mengaku mengalami beberapa kendala dalam proses pengerjaannya. Ia mengemukakan, persoalan tersebut terjadi karena banyak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kerap berdagang di lokasi pengerjaan trotoar hingga jalur di lokasi yang masih dilalui kendaraan.

Dia memastikan revitalisasi trotoar ini tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta melainkan menggunakan Surat Persetujuan Penunjukan Penggunaan Lokasi atau Lahan (SP3L). (Antara)

Baca Juga: Wisatawan Kota Tua Jakarta Tak Dilarang Lepas Masker, Tapi Diimbau Jaga Protokol Kesehatan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait