facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puan Maharani Kenang Menpan-RB Tjahjo Kumolo: Ketenangannya Berpolitik Jadi Panutan Bagi Saya

Rizki Nurmansyah Jum'at, 01 Juli 2022 | 15:09 WIB

Puan Maharani Kenang Menpan-RB Tjahjo Kumolo: Ketenangannya Berpolitik Jadi Panutan Bagi Saya
Menpan-RB Tjahjo Kumolo saat masih menjabat sebagai Mendagri usai ikuti ratas kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/1/2015). [ANTARA/Andika Wahyu]

Menpan-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, sekitar pukul 11.10 WIB.

SuaraJakarta.id - Ketua DPR RI Puan Maharani berduka cita atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022) siang.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, sekitar pukul 11.10 WIB.

Puan mengungkapkan, kabar Menpan-RB meninggal menjadi duka mendalam bagi PDI Perjuangan. Diketahui, Puan dan Tjahjo Kumolo merupakan kader partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Saya memanggilnya Om Tjahjo. Kedekatan kami terhitung sudah puluhan tahun karena saya mengenal beliau sejak saya masih kecil. Anak-anak saya pun memanggilnya Eyang," tulis Puan dikutip dari akun Instagram pribadinya @puanmaharani, Jumat (1/7).

Baca Juga: 5 Kinerja Tjahjo Kumolo Sebelum Berpulang, Urusi PNS hingga Tenaga Honorer

Ketua DPP PDIP ini mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai politisi senior yang sederhana, matang dan juga tenang. Sikap itu diungkapkan Puan menjadi panutan bagi dirinya.

"Dalam perjalanan karir politik saya, Om Tjahjo adalah seorang senior sederhana yang selalu menemani dan membimbing saya. Kematangan dan ketenangannya dalam berpolitik selalu menjadi panutan bagi saya," tulisnya.

"Terima kasih Om Tjahjo atas semua bimbingan dan keteladanan selama ini. Ini sebuah kehilangan besar bagi saya dan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan. Semoga Om Tjahjo mendapatkan husnul khotimah dan keluarga Almarhum diberikan kesabaran dan keikhlasan. Amin ya rabbal alamin," pungkas Puan Maharani.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, Jumat, pukul 11.10 WIB, usai menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni.

Sebelum berkarir politik di Ibu Kota Jakarta, semasa muda Tjahjo Kumolo aktif di KNPI Jateng dan pernah menjadi politikus Golkar sebelum akhirnya bergabung dengan PDIP.

Baca Juga: MenPAN RB Tjahjo Kumolo Wafat, Jokowi: Innalillahi Wa Inna Ilahi Rajiun

Di DPP PDIP, Tjahjo Kumolo pernah menjabat sekjen, kemudian menjadi menteri dan terakhir sebagai Menpan-RB.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait