Ketua Baznas: Alquran Mengarahkan Manusia untuk Terus Berbuat Kebaikan

Acara ini kaya manfaat bagi Amil yang sehari-hari melayani Mustahik dan Muzaki.

Fabiola Febrinastri
Senin, 08 Agustus 2022 | 08:03 WIB
Ketua Baznas: Alquran Mengarahkan Manusia untuk Terus Berbuat Kebaikan
Tadarus dan mujahadah muharam, demi meningkatkan ketakwaan dan memahami lebih dalam terkait Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam. (Dok: Baznas)

SuaraJakarta.id - Alquran sebagai kitab suci umat muslim, tak hanya berperan sebagai petunjuk umat, namun juga mengarahkan manusia untuk terus berbuat kebaikan dan mencapai kesuksesan.

Hal ini dikemukakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA dalam tadarus dan mujahadah muharam, demi meningkatkan ketakwaan dan memahami lebih dalam terkait Alquran sebagai kitab suci umat Islam.

Acara yang digelar di Kantor Baznas, Jakarta, pada Jumat (5/8/2022) itu turut dihadiri oleh Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA; pimpinanBaznas, H. Achmad Sudrajat, Lc.; penulis buku 'Psikologi Qur'ani' dan 'Miracle of Tadarus', Ustaz Ziyad Ul Haq, MA, Ph.D, para amilin/amilat Baznas.

Menurut KH Noor Achmad, acara ini kaya manfaat bagi Amil yang sehari-hari melayani Mustahik dan Muzaki. Ketakwaan menjadi pilar utama Amil dalam melayani umat dan telah menjadi bagian dari Prinsip Tiga Aman , yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI.

Baca Juga:Baznas Salurkan Paket Kurma dari King Salman Humanitarian Aid and Relief Center ke 2 Lokasi di Bekasi

Menurutnya, Alquran sebagai kitab suci umat muslim, tak hanya berperan sebagai petunjuk umat, namun juga mengarahkan manusia untuk terus berbuat kebaikan dan mencapai kesuksesan.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan guru yang tepat, sehingga tadarus ini mudah-mudahan bisa lancar. Tidak hanya memperdalam Alquran, tapi juga mengarahkan kehidupan kita semua agar berbuat terbaik untuk BAZNAS dan juga dirinya sendiri. Karena itu sudah mutlak, karena jika sudah demikian maka kesuksesan keduanya dapat diraih," ujarnya.

Noor turut menambahkan beberapa kunci yang harus dijalani umat Islam, salah satunya faktor keikhlasan. Ikhlas sangat bermanfaat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Bekerja di Baznas harus ikhlas, karena jika sudah ikhlas, Allah SWT akan memberi balasannya tidak hanya di tempat kerja, tapi juga di tempat lain. Tak hanya untuk diri sendiri, tapi juga kepada keluarga dan orang sekeliling kita," kata Noor.

Sementara itu, Ustaz Ziyad Ul Haq, MA, Ph.D menyebutkan, Alquran adalah kita suci umat Muslim di seluruh dunia. Untuk memahaminya, kita diharuskan membacanya terlebih dahulu, karena memahami sesuatu dimulai dari membaca.

Baca Juga:Demi Penuhi Gizi Masyarakat Terdampak Banjir di Parigi Moutong, Baznas Dirikan Dapur Umum

"Saat ini kita bahas tentang teknik tadarus yang optimal. Jangan sekali-kali terbersit dalam pikiran kita untuk memahami Alquran tanpa membacaAlquran terlebih dahulu. Ibarat kita menjalin hubungan dengan sesama manusia, ada tingkatannya. Dalam memahami Alquran, harus dimulai dari membacanya. Bagaimana seseorang mendalami aspek itu jika dia tidak sering berinteraksi membaca Alquran," katanya.

News

Terkini

Selain dihujat, Baim dan Paula juga resmi dilaporkan ke polisi.

Lifestyle | 15:27 WIB

Ade menyebut korban sempat dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

News | 14:43 WIB

Hujan yang deras disertai luapan air dari Kali Mampang menyebabkan banjir dengan ketinggian yang bervariatif.

News | 14:25 WIB

Anies mengatakan pembuatan sumur resapan berdasarkan masih banyaknya daerah berbentuk tanah cekung.

News | 12:49 WIB

"Terlapor emosi, mendorong korban dan membanting korban ke kasur dan mencekik leher korban sehingga korban terjatuh ke lantai."

News | 12:18 WIB

"Melakukan pemeriksaan terhadap korban, melakukan pemeriksaan dua orang ART/Pengasuh Anak dan karyawan Leslar Entertaiment."

News | 11:53 WIB

"Jadi kalau teman-teman lihat, mendung alat-alat itu sudah berada di lokasi yang terduga akan mengalami genangan sampai banjir."

News | 11:34 WIB

"Kita hanya bisa berharap ke Pj Gubernur yang akan datang."

News | 10:03 WIB

"Saat ini menjadi sembilan RT atau hanya 0,030 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,"

News | 09:58 WIB

"Asrama Polri Menteng ini sebenarnya adalah hasil pajak rakyat, dan ini adalah amanat dari rakyat agar dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat," ujar Anies

News | 09:40 WIB

Lesti Kejora telah melaporkan Rizky Billar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

News | 08:00 WIB

Polisi belum mengetahui apakah Rizky Billar akan hadiri pemeriksaan tersebut atau tidak.

News | 07:00 WIB

Kondisi kesehatan Bharada E dalam keadaan baik dan siap menjalani proses pelimpahan tahap II ke jaksa penuntut umum (JPU).

News | 06:30 WIB

"Pelaksanaannya di Bareskrim jam 13.00," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi, Selasa (4/10/2022) petang.

News | 06:00 WIB

Dari tangan YS, polisi menyita barang bukti 10 gram sabu-sabu yang sebelumnya sempat dibuang pelaku.

News | 05:45 WIB
Tampilkan lebih banyak