Unik! Lomba Pangkas Rambut Meriahkan Hari Kemerdekaan RI Ke-77 di Bekasi

"Capster itu tentang merawat orang, karena itu kami ingin teman-teman di sini bisa mempelajari sekaligus mempraktikkan bagaimana merawat customer dengan baik," ujar Afies.

Erick Tanjung
Kamis, 18 Agustus 2022 | 05:30 WIB
Unik! Lomba Pangkas Rambut Meriahkan Hari Kemerdekaan RI Ke-77 di Bekasi
Sejumlah tukang potong rambut menunjukkan keahliannya pada ajang lomba pangkas rambut bertajuk Barber Battle dalam rangka memeriahkan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Kota Bekasi, Rabu. (Antara/Pradita Kurniawan Syah).

SuaraJakarta.id - Lomba pangkas rambut diikuti puluhan tukang cukur digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/8/2022).

Dalam gelaran bertajuk Barber Battle, Workshop and Hands on Tour ini, para peserta diwajibkan memotong rambut seseorang dalam waktu 30 menit. Tidak hanya mencukur, mereka pun wajib memberikan gaya rambut terbaik mereka. Keahlian dan kreativitas tukang cukur atau capster dituntut pada lomba kali ini.

"Capster itu tentang merawat orang, karena itu kami ingin teman-teman di sini bisa mempelajari sekaligus mempraktikkan bagaimana merawat customer dengan baik sehingga mereka puas terhadap service kita," ucap capster yang menjadi salah satu juri acara ini Afies Ramiro di Bekasi, Rabu.

Sejumlah gaya rambut ditampilkan para capster, mulai dari undercut yang memamerkan rambut klimis rapi, kemudian french crop yang menyajikan wajah lugu dengan poni pendek pada bagian depan, serta gaya rambut mullet yang mirip dengan aktor terkenal Jefri Nichol.

Baca Juga:Saat HUT ke-77 RI, Elite PDIP Kunjungi TMP Kalibata, Gelar Doa dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan Hingga Tjahjo Kumolo

"Potongan-potongan rambut itu lantas divariasikan dengan berbagai teknik. Total ada 29 capster yang unjuk gigi dalam battle kali ini," katanya.

Menurut dia, profesi ini menjanjikan dan memiliki banyak peluang untuk digali lebih dalam lagi sebab memotong rambut tidak semata merapikan penampilan seseorang. Lebih dari itu, ada unsur seni pada proses memotong rambut.

"Ternyata di sini peserta tidak cuma dapat edukasi soal dunia barber lewat workshop tapi kita bisa lihat keahlian capster saling unjuk kebolehan menjadi yang terbaik agar bisa mewakili kotanya. Bukan hanya sekedar cukur rambut, tapi ada seni di dalamnya," ujarnya.

Lomba antarcapster yang berdekatan dengan HUT Ke-77 RI ini rupanya tidak hanya digelar di Bekasi melainkan secara nasional di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, MS Glow For Men Barber Battle: Workshop & Hands On Tour ini digelar di Malang, Lamongan, Denpasar, Majalengka, dan Makasar dengan tujuan mencari capster terbaik dari seluruh Indonesia.

Baca Juga:Google Tampilkan Doodle Pacu Jalur Kuansing di Momen Kemerdekaan RI ke-77

"Sebelumnya, kegiatan serupa digelar juga pada Maret-April lalu. Pesertanya banyak juga. Karena animonya tinggi, maka digelar lagi. Targetnya minimal ada 500 capster yang ikut serta," ucap dia.

Terkini

Hari ini ada 6.025 kasus aktif COVID-19 di Jakarta, atau ada penurunan 209 kasus dari hari kemarin.

News | 22:00 WIB

Perseteruan ahli waris dengan pengurus vihara menjadi sorotan banyak pihak lantaran viral di media sosial usai akun YouTube Star Story mengunggahnya.

News | 21:42 WIB

Dalam video berdurasi tujuh detik itu, terlihat korban bersimbah darah sembari memegang bagian bawah punggung.

News | 21:03 WIB

Sherlly mengatakan, sejumlah orang tidak dikenal tiba-tiba saja secara paksa merangsek masuk ke dalam vihara dan melakukan kekerasan.

News | 20:44 WIB

Sarly menerangkan, senpi itu disuplai oleh pelaku MK (33) yang merupakan pecatan anggota TNI.

News | 20:23 WIB

Riza mengatakan, dirinya keluar dan menemui massa untuk mendengar apa yang menjadi tuntutan dalam aksi massa KRMP ini.

News | 20:07 WIB

"Selama lima tahun ini kami tidak pernah melakukan penggusuran," ucap Riza.

News | 19:56 WIB

Juga pernah beraksi merampok toko emas di kawasan Tangerang Raya lainnya.

News | 19:51 WIB

Putri keluar Gedung Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sekitar pukul 17.25 WIB, dengan mengenakan baju tahanan.

News | 19:13 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria keluar menemui massa. Hanya saja, ia berdiri di balik gerbang Balai Kota.

News | 18:23 WIB

Anies juga didesak untuk keluar menemui massa. Jika Anies tak kunjung keluar, maka massa tak segan bertahan hingga menginap di lokasi aksi.

News | 17:31 WIB

Ia juga mengatakan secara fisik kondisi Putri Candrawathi dalam keadaan baik.

News | 17:07 WIB

Sigit berharap langkah penahanan yang dilakukan penyidik dapat menjawab pertanyaan publik yang selama ini menanyakan posisi Putri Candrawathi yang tidak kunjung ditahan.

News | 16:54 WIB

Kejadian pencurian kotak amal di Mushola Roudhatul Jannah kerap terjadi.

News | 16:29 WIB
Tampilkan lebih banyak