alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rahayu Saraswati Soroti RSUD Tangsel Masih Tipe C, Begini Respons Pemkot

Rizki Nurmansyah Rabu, 09 September 2020 | 18:48 WIB

Rahayu Saraswati Soroti RSUD Tangsel Masih Tipe C, Begini Respons Pemkot
Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo bertemu delegasi Pemuda Kristen Tangsel dan Banten di Restoran Remaja Kuring, Jalan Ciater Barat Raya, Ciater, Serpong, Kota Tangsel, Kamis (27/8/2020).

"Ironis, Kota Tangsel tidak memiliki RSUD tipe A/B sehingga pemeriksaan dilakukan di RSUD Kabupaten Tangerang," kata Rahayu Saraswati.

SuaraJakarta.id - Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo merasa ironis soal status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangsel yang masih tipe C.

Hal tersebut ia ungkapkan setelah menjalani pemeriksaan kesehatan bapaslon Pilkada Tangsel 2020 yang menumpang di RSUD Kabupaten Tangerang.

"Ironis, Kota Tangsel tidak memiliki RSUD tipe A/B sehingga pemeriksaan dilakukan di RSUD Kabupaten Tangerang," katanya, kemarin.

Keponakan Prabowo Subianto itu bahkan mengaitkan tipe kelas RSUD dengan kasus korupsi alat kesehatan di Tangsel.

Terkait hal itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Tangsel Deden Deni mengakui bahwa hingga saat ini RSUD Tangsel masih berstatus C dan belum memiliki tipe A atau B.

Meski RSUD Tangsel masih bertipe C, Deden mengklaim, rumah sakit yang dibangun pada 2015 itu sudah berstandar tipe B.

"Secara syarat fasilitas sebetulnya sudah terpenuhi untuk jadi tipe B. Tapi sekarang lagi nunggu pembangunan dua rumah sakit tipe C di Pakulonan dan Pondok Betung dulu. Setelah jadi, baru RSUD Tangsel bisa dinaikan jadi tipe B," kata Deden saat dikonfirmasi, Rabu (9/9/2020).

Deden menerangkan, pihaknya harus membangun rumah sakit tipe C dahulu untuk memudahkan fasilitas kesehatan rujukan dari Puskesmas.

"Iya kan rujukan itu harus berjenjang. Kalau dari Puskesmas enggak boleh langsung ke RS tipe B. Jadi nunggu ada rumah sakit tipe C dulu dibangun, lalu nanti RSUD Tangsel yang sudah berdiri kita naikan tipe ke B," terang Deden.

Menurutnya, pembangunan dua RSUD Tipe c itu merupakan rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Wakilnya Benyamin Davnie 2015-2020.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait