Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Sungai Meluap, Satu Kampung di Pamijahan Bogor Terendam Banjir Bandang

Rizki Nurmansyah Senin, 21 September 2020 | 22:31 WIB

Dua Sungai Meluap, Satu Kampung di Pamijahan Bogor Terendam Banjir Bandang
Tangkapan layar luapan Sungai Cisaketi dan Cianten di Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/9/2020). [Ist]

Sampai saat ini warga di Desa Cibunian Pamijahan Bogor itu masih waspada.

SuaraJakarta.id - Hujan yang mengguyur wilayah Pamijahan Bogor Jawa Barat pada siang tadi mengakibatkan Sungai Cisaketi dan Cianten meluap, Senin (21/9/2020).

Meluapnya dua sungai yang menjadi satu itu mengakibatkan satu Kampung Muara, RT01/01, Desa Cibunian, Kabupaten Bogor, Jawa Barat terendam banjir bandang.

Ketua Badan Usaha Milik Desa Bersama (BumDesMa) Kecamatan Pamijahan, Herdiansyah mengatakan, akibat meluapnya dua sungai yakni Cisaketi dan Cianten membuat satu kampung tergenang banjir bandang.

Bahkan, kata ketua BumDesMa yang meliputi empat desa yakni Purwabakti, Cibitung Wetan, Cibunian, dan Ciasihan, Kecamatan Pamijahan Bogor, kolam ikan warga pun ikut terbawa hanyut sungai.

"Itu akibat hujan yang deras membuat Sungai Cisaketi dan Sungai Cianten itu bergabung menjadi satu, airnya jadi nyambung dan meluap sampai airnya ke atas jembatan. Kalau Kampung Muara, RT01/01 itu kena banjir semuanya terendam di Desa Cibunian," ujarnya saat dihubungi SuaraJakarta.id di Bogor, Senin (21/9/2020) malam.

Menurut Herdiansyah, hujan di wilayah Pamijahan Bogor terjadi pada pukul 14:00 WIB.

Meluapnya dua sungai itu pada pukul 17:00 WIB membuat jembatan penghubung menuju kolam ikan yang terbuat dari besi hanyut terbawa arus sungai.

"Hujan pas jam 9 (malam) sudah mulai reda hanya gerimis saja, Ada warga yang terjebak dua orang, tapi sudah diselamatkan oleh warga pakai tambang. Luapan airnya juga sampai perbatasan Desa Purwabakti," jelasnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini warga di Desa Cibunian Pamijahan Bogor itu masih waspada.

"Masih waspada kang, saya belum bisa menjelaskan semuanya," tukasnya.

Kontributor : Andi Ahmad Sulaendi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait