alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Anies Targetkan Jakarta Punya Jalur Sepeda Sepanjang 164 Km Tahun Ini

Erick Tanjung | Fakhri Fuadi Muflih Kamis, 03 Juni 2021 | 13:02 WIB

Anies Targetkan Jakarta Punya Jalur Sepeda Sepanjang 164 Km Tahun Ini
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda menuju Balai Kota, Kamis (3/6/2021) bersama Dubes Belanda dan Denmark dalam rangka memperingat World Bike Day. (Suara.com/Fakhri)

"Jalur sepeda total saat ini adalah 63 km, lalu tambahan tahun ini ada 101 km. Jadi harapannya akhir tahun kita punya 170 km jalur sepeda," ujar Anies.

SuaraJakarta.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menambah panjang jalur sepeda di ibu kota. Bahkan untuk tahun ini, rencananya Jakarta sudah memiliki 164 km.

Anies mengatakan sekarang ini pihaknya sudah memiliki 63 km jalur sepeda yang dibuat di sejumlah ruas jalan ibu kota sejak 2019 lalu. Pihaknya berencana menambah 101 km lagi.

"Jalur sepeda total saat ini adalah 63 km, lalu tambahan tahun ini ada 101 km. Jadi harapannya akhir tahun kita punya 170 km jalur sepeda," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Tak hanya itu, Anies juga meminta agar kantong parkir sepeda di tiap gedung juga ditambah. Hal ini dilakukan demi mendorong penggunaan sepeda sebagai transportasi sehari-hari oleh masyarakat.

Baca Juga: Mantap! Anies Baswedan Tambah 101 Km Jalur Sepeda Tahun Ini

"Kemudian gedung-gedung memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat parkir sepeda minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia khusus untuk sepeda," tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya masih melakukan pengkajian mengenai rencana pembuatan jalur sepeda. Ia belum bisa merinci lokasi mana saja yang akan menjadi target proyek ini.

"Pembahasan bersama secara stakeholder yang kemudian dipilih lintasan yang prinsipnya terintegrasi dengan jalur sepeda yang sudah ada," jelas Syafrin.

Selain berhubungan dengan jalur yang sudah ada, Syafrin menyebut lokasi yang dipilih untuk menjadi jalur sepeda juga bersinggungan dengan transportasi umum.

"Kapasitas jalan kemudian layanan angkutan umum yang ada di sana seperti apa dan tentu jalur sepeda ini akan kami buat terintegrasi," pungkasnya.

Baca Juga: Bicara Soal Pesepeda dan Pemotor di DKI, Anies: Harus Saling Menghormati Saat Berkendara

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait