alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Di Posko SMA 70, Orang Tua Murid Ngadu Sulit Akses Pendaftaran PPDB

Bangun Santoso | Yosea Arga Pramudita Selasa, 08 Juni 2021 | 13:00 WIB

Di Posko SMA 70, Orang Tua Murid Ngadu Sulit Akses Pendaftaran PPDB
ILUSTRASI: Suasana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 70, Jakarta, Kamis (25/6). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sejumlah orang tua murid mendatangi posko di SMAN 70 Bulungan untuk mengadu soal PPDB DKI Jakarta

SuaraJakarta.id - SMA Negeri 70, Bulungan, Jakarta Selatan menjadi posko pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Suku Dinas Pendidikan Wilayah II, Jakarta Selatan. Pendirian posko tersebut bertujuan untuk melayani orang tua siswa yang mengalami kesulitan dalam pendaftaran PPDB Online.

Pantauan Suara.com di lokasi, ada sejumlah orang tua murid yang datang ke posko tersebut. Mereka yang datang berasal dari beberapa wilayah yang berada di Jakarta Selatan.

Ada orang tua murid yang datang sendiri, ada pula yang mengajak anaknya. Tidak hanya itu, informasi mengenai PPDB 2021 berbentuk spanduk juga terpasang di halaman SMA Negeri 70.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administratif Jakarta Selatan, Abdul Rahem mengatakan, sejak kemarin, Senin (7/6/2021) total sudah ada 71 orang tua murid yang datang ke posko yang berada di SMA Negeri 70. Terkait jumlah orang tua murid yang datang pada hari ini, jumlahnya masih dalam proses penghitungan.

Baca Juga: Portal PPDB DKI Terus Bermasalah, Gubernur Anies Bersama Dirut Telkom Turun Tangan

"Sampai hari ini orang yang hadir ke sini sekitar 71 sampai kemarin, kalo hari ini belum kerekap," ungkap Rahem di lokasi, Selasa (8/6/2021).

Dijelaskan Rahem, kebanyakan aduan yang masuk dari orang tua murid adalah sulitnya melakukan mengakses website pendaftaran PPDB. Atas hal tersebut, maka pendaftaran PPDB jalur prestasi hingga 11 Juni 2021 mendatang.

"Kalau dari kemarin masalah tidak bisa masuk akunnya. Itu memang benar secara teknisi kami lagi maintenance, bahkan kami ada kebijakan, karena ada hal krodit kemarin, kami perpanjang sampai tgl 11, jadi kami ingin merugikan masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta kembali memperpanjang masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi. Sebab, portal PPDB, ppdb.jakarta.go.id untuk melakukan pendaftaran masih dalam perbaikan.

Humas Disdik DKI, Taga Radja Gah mengatakan penghentian akses sementara untuk melakukan pengajuan akun pendaftaran PPDB berlangsung selama 10,5 jam. Selama masa itu, akan dilakukan optimalisasi sistem PPDB.

Baca Juga: Daftar SMA Terbaik di Jakarta Timur, Nomor Satu SMAN Unggulan M.H. Thamrin

"Sehubungan dengan Optimalisasi Sistem PPDB Online, pengajuan akun akan dihentikan sementara mulai hari selasa dari Pukul 01.30 S/D 12.00 WIB," ujar Taga kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

Nantinya setelah perbaikan selesai, diharapkan tidak ada lagi masalah pelambatan karena traffic yang begitu tinggi. Masyarakat yang mengikuti PPDB bisa dengan lancar mengakses portal PPDB.

"Setelah proses optimalisasi selesai, dapat melakukan pengajuan akun kembali," katanya.

Imbas dari penghentian akses untuk pengajuan akun, Taga menyebut pihaknya memutuskan untuk kembali memperpanjang masa pendaftaran PPDB jalur prestasi ini selama satu hari lagi.

"Waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan hari Jumat tanggal 11 Juni 2021 Pukul 14.00 WIB," pungkasnya.

Tindakan menghentikan akses pengajuan akun di portal PPDB dan memperpanjang masa pendaftaran bukan kali ini saja dilakukan. Kemarin di hari pertama PPDB, Disdik sudah memperpanjang masa pendaftaran sampai 10 Juni pukul 14.00 WIB karena masalah yang sama.

Selain masa pendaftaran, tak ada perubahan jadwal di PPDB jalur prestasi ini. Artinya bagi siswa yang sudah diterima di sekolah yang diinginkan, waktu lapor diri masih sama, yakni 10-11 Juni.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait