alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Portal PPDB DKI Terus Bermasalah, Gubernur Anies Bersama Dirut Telkom Turun Tangan

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih Selasa, 08 Juni 2021 | 12:57 WIB

Portal PPDB DKI Terus Bermasalah, Gubernur Anies Bersama Dirut Telkom Turun Tangan
Posko PPDB Online di SDN 04 Cawang Jakarta Timur didirikan untuk memberikan bantuan bagi orang tua siswa yang mengalami kesulitan melakukan pendaftaran secara daring, Senin (7/6/2021). [ANTARA/Anisyah Rahmawati]

Portal PPDB DKI Jakarta kerap mengalami masalah hingga sulit diakses Gubernur Anies Baswedan dan Dirut PT Telkom turun tangan.

SuaraJakarta.id - Portal pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta kerap mengalami masalah hingga sulit diakses. Hal tersebut membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Direktur Utama PT Telkom Ririek Adriansyah turun tangan.

Keduanya mendatangi Kantor Dinas Pendidikan di Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan. Keduanya mencari solusi atas permasalahan situs PPDB yang sudah dibuka sejak kemarin, Senin (8/6/2021) itu.

Selain Dirut Telkom, Anies juga ditemani jajarannya di Dinas Pendidikan, Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik), dan Dinas Catatan Kependudukan Sipil (Dukcapil). 

"Dipimpin langsung oleh Dirut Telkom, Pak Ririek Adriansyah, hari ini kita melakukan langkah-langkah untuk merespon problem yang sempat muncul dan dirasakan para siswa, para orang tua yang mengikuti PPDB di Jakarta," ujar Anies di lokasi, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: Daftar SMA Terbaik di Jakarta Timur, Nomor Satu SMAN Unggulan M.H. Thamrin

Anies mengatakan, awalnya di hari pertama pendaftaran PPDB, pihaknya menemukan kendala teknis pada pengajuan akun. Jajarannya sempat menghentikan sementara akses ke situs dalam waktu dua jam.

"Ada kendala teknis pada aplikasi yang alhamdulillah sore kemarin sudah selesai," ucap Anies.

Namun, masalah lainnya disebut Anies kembali muncul. Pihak pengelola situs melakukan pembaruan dengan menambahkan fitur baru agak bisa melakukan revisi saat melakukan pendaftaran.

Imbasnya, beban server menjadi lebih berat dan akibatnya terjadi lagi pelambatan. Akhirnya akses ke pengajuan akun juga sempat dimatikan selama 10,5 jam dan dilakukan optimalisasi pada portal itu.

"Kemudian muncul masalah kedua sinkronisasi data yang juga muncul masalah alhamdulillah problem kedua teratasi, tim bergerak cepat, dan sudah tertangani," katanya.

Baca Juga: Daftar SMA Terbaik di Jakarta Pusat untuk Acuan PPDB DKI Jakarta Ajaran 2021/2022

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait