alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nakes RSDC Wisma Atlet Kewalahan, IDI Kirim Bala Bantuan 60 Dokter

Rizki Nurmansyah | Yaumal Asri Adi Hutasuhut Sabtu, 19 Juni 2021 | 14:50 WIB

Nakes RSDC Wisma Atlet Kewalahan, IDI Kirim Bala Bantuan 60 Dokter
Seorang tenaga kesehatan (nakes) berjalan di selasar Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (15/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidaya

Di RSDC Wisma Atlet Kemayoran jumlah pasien rawat inap mencapai 6.030 orang, bertambah 218 orang.

SuaraJakarta.id - Membludaknya pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, membuat jumlah kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) meningkat.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada Jumat (18/6/2021) kemarin telah mengirimkan 60 dokter untuk membantu para nakes yang kewalahan.

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Ini membutuhkan tambahan tenaga kesehatan, yang semalam saya memberikan ada pembekalan. Itu 60 dokter untuk ditambahkan ke Wisma Atlet,” kata Ketua IDI Daeng M Faqih lewat video diskusi daring, Sabtu (19/6/2021).

Daeng menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, TNI dan internal IDI di berbagai wilayah untuk menambah jumlah nakes di RSDC Wisma Atlet dan beberapa wilayah di Indonesia dengan kasus COVID-19 yang tinggi.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Naik, IDI Minta Pemda Sediakan Tempat Isolasi Pasien Gejala Ringan

“Dan akan dilanjutkan tambahan berikutnya, kami sudah koordinasi,” imbuhnya.

Di samping itu, Daeng meyakini para nakes saat ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat pasca vaksinasi COVID-19. 

Namun dia tetap berharap para nakes menjaga kesehatan. 

“Kami berharap setelah divaksin ini agak lebih terproteksi dari yang kemarin. Akan tetapikan vaksin tidak 100 persen (melindungi) ya, kami berharap kawan-kawan petugas kesehatan, tenaga medis itu proteksi dengan APD yang standar, itu sangat penting,” ujar Daeng.

“Faktor kelelahan itu dicegah, sehingga memang penjadwalan dan back up bantuan relawan ke daerah ke fasilitas kesehatan yang sudah huniannya sudah besar (membludak) itu penting dilakukan,” sambungnya.

Baca Juga: Update Pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet: Bertambah 218 orang

Untuk diketahui kasus Covid di Jakarta mengalami peningkatan signifikan. Tercatat pada Jumat (18/6/2021) kemarin bertambah 4.737 orang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait