alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Daftar Obat Tak Boleh Sembarangan Dikonsumsi Pasien COVID-19 Saat Isoman di Rumah

Rizki Nurmansyah Sabtu, 24 Juli 2021 | 07:05 WIB

Daftar Obat Tak Boleh Sembarangan Dikonsumsi Pasien COVID-19 Saat Isoman di Rumah
Tim Satgas Penanganan COVID-19 memantau seorang warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah akibat positif COVID-19. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Hindari mengonsumsi obat-obatan sembarangan selama menjalani isoman.

SuaraJakarta.id - Melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia membuat fasilitas kesehatan penuh. Akibatnya, banyak pasien COVID-19 yang memilih isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Penderita COVID-19 yang harus menjalani perawatan isoman di rumah, harus memperhatikan beberapa hal saat isoman. Salah satunya mengonsumsi obat.

Hindari mengonsumsi obat-obatan sembarangan selama menjalani isoman. Hal ini berguna agar pasien tidak mengalami hal atau keadaan yang tidak diinginkan. Terlebih jika sedang isolasi mandiri di rumah.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika dalam keadaan sakit apapun, pasien harus mengikuti instruksi yang diberikan tenaga kesehatan.

Baca Juga: Dapat Resep Obat Covid-19 dari Broadcast WA, Adik dan ART Natalie Sarah Hampir Keracunan

Jangan berinisiatif sendiri dalam mengonsumsi obat jika tanpa ada pembuktian secara ilmiah. Terlebih, jika hanya mendengar informasi dari obrolan tetangga, warganet di media sosial (medsos), ataupun informasi tidak bersumber dalam broadcast di berbagai grup WhatsApp.

Dilansir dari Ayojakarta.com—jaringan Suara.com—berikut ini daftar obat yang tak boleh dikonsumsi sembarangan oleh pasien COVID-19 saat isoman di rumah.

1. Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Anjuran dari WHO untuk tidak melakukan pengobatan sendiri dengan antibiotik. Sebab, perlu diketahui bahwa antibiotik tidak berdampak pada virus, dan COVID-19 disebabkan oleh virus.

Dokter juga akan membuat resep antibiotik pada pasien COVID-19 jika gejala yang dialaminya disebabkan infeksi bakteri, dan itu diperlukan analisis akurat oleh dokter.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Gibran Lumpuh Total Karena Obat Covid-19?

2. Steroid

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait