facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Anies Ungkap Motif Joe Biden yang Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih Rabu, 11 Agustus 2021 | 09:42 WIB

Anies Ungkap Motif Joe Biden yang Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau perkembangan di Pos Pantau Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2021). [ANTARA/Ricky Prayoga]

Menurut Anies, pesan dari Joe Biden tidak sekadar menyebut Jakarta tenggelam 10 tahun lagi

SuaraJakarta.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya angkat bicara soal pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang menyebut Jakarta bakal tenggelam. Ia menyebut Joe Biden sedang melakukan pertaubatan paradigmatik.

Menurut Anies, pesan dari Joe Biden tidak sekadar menyebut Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi. Motif Joe Biden adalah ingin mengubah paradigma ekonomi.

"Dugaan kami bukan hanya untuk di luar dia sedang berbicara dengan audiens domestiknya mengubah paradigma ekonomi di dalam negerinya sendiri sekaligus mengajak negara lain untuk mengubah paradigmanya," ujar Anies dalam acara webinar Ikatan Alumni ITB, Selasa (11/8/2021) malam.

Menurut Anies, cara pandang atau paradigma di masa Presiden AS sebelumnya, Donald Trump, isu ekologis kerap dikesampingkan. Joe Biden pun kembali mengangkat masalah ini sebagai isu utama di pemerintahannya.

Baca Juga: Jawaban Anies Soal Pernyataan Presiden Biden yang Menyoal Jakarta Tenggelam

"Trump bisa dibilang meminggirkan pertimbangan ekologis menganggap regulasi lingkungan sebagai hambatan pertumbuhan ekonomi," jelas Anies.

Trump, kata Anies, saat itu tak mendukung dan bahkan mengubah berbagai kebijakan soal menjaga ekologis. Misalnya keluar dari perjanjian iklim Paris, membatalkan rencana energi bersih, serta menghilangkan aturan perlindungan satwa dan polusi udara.

"Dengan alasan-alasan pembangunan, alasan perekonomian," katanya pula.

Karena itu, ia meminta agar segala pihak tidak menyalahartikan pidato dari Joe Biden itu. Tindakan yang harus dibuat demi menjaga kelestarian lingkungan harus tetap dijalankan.

"Jadi pidato ini bukan sekadar pidato internasional tapi ini juga bagian dari istilah kami pertaubatan paradigmatik di Amerika," imbuhnya.

Baca Juga: Sempat Disinggung Presiden Biden, Anies Bicara Solusi Jakarta Tenggelam

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait