alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Resmi Ditutup, Begini Tanda-Tanda Lolos Kartu Prakerja Gelombang 21

Rizki Nurmansyah Senin, 20 September 2021 | 15:00 WIB

Resmi Ditutup, Begini Tanda-Tanda Lolos Kartu Prakerja Gelombang 21
Warga memperlihatkan kolom pendaftaran pada laman www.prakerja.go.id saat mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 di Serang, Banten, Sabtu (8/8/2020). [ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman]

Akan ada 754.929 orang yang beruntung untuk lolos menjadi peserta Kartu Prakerja Gelombang 21.

SuaraJakarta.id - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 telah resmi ditutup. Pendaftaran ditutup pada Minggu (19/9/2021) pukul 23.59 WIB.

Lantas kapan pengumuman peserta Kartu Prakerja Gelombang 21 yang lolos akan diumumkan?

Belum diketahui kapan manajemen prakerja akan mengumumkan hasil seleksi pendaftaran gelombang 21.

Saat ini, manajemen prakerja sedang menyeleksi siapa saja yang berhak lolos menjadi peserta dan mendapatkan insentif sebesar Rp 3,55 juta.

Baca Juga: Kuota 754.929 Peserta, Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 21

Nantinya, akan ada 754.929 orang yang beruntung untuk lolos menjadi peserta Kartu Prakerja Gelombang 21.

Warga memperlihatkan kolom pendaftaran pada laman www.prakerja.go.id saat mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 di Serang, Banten, Sabtu (8/8/2020).  [ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman]
Warga memperlihatkan kolom pendaftaran pada laman www.prakerja.go.id saat mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 di Serang, Banten, Sabtu (8/8/2020). [ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman]

Pengumuman terkait lolos atau tidaknya peserta, dapat dilihat di dashboard masing-masing pada laman prakerja.go.id atau dihubungi melalui SMS.

Bagi peserta yang tidak lolos, akan tertulis "Maaf Anda Gagal". Namun jika lolos, peserta akan diarahkan untuk memverifikasi nomor rekening atau e-wallet.

Selanjutnya, peserta lolos hanya tinggal menunggu hingga mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan saldo sebesar Rp 1 juta yang tertera pada dashboard.

Setelah mendapatkan nomor dan saldo, para peserta juga diimbau agar segera membeli pelatihan pertama yang disediakan pada 7 mitra kerjasama Kartu Prakerja.

Baca Juga: 5 Cara Ikuti Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 20 Agar Dapat Insentif Rp 3,55 Juta

Para peserta dibebaskan dalam memilih pelatihan, baik menurut skill atau minat masing-masing.

Ilustrasi Kartu Prakerja.
Ilustrasi Kartu Prakerja.

Bagi yang lolos, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengimbau bahwa ada ketentuan baru terkait penggunaan dana pelatihan. Ketentuan baru ini diterapkan bagi penerima Kartu Prakerja tahun 2021.

Ketentuan baru tersebut yaitu, sebelum penerima dapat membelanjakan uang sebesar Rp 1 juta itu untuk membeli pelatihan, mereka wajib menonton tiga video. Video-video induksi itu, masing-masing berdurasi sekitar 2 hingga 3 menit.

"Video induksi ini akan membantu mereka memahami cara kerja program Kartu Prakerja, cara membeli pelatihan dan menautkan rekening," ujar Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, beberapa waktu lalu.

Berikut tata cara beli pelatihan Kartu Prakerja:

  1. Pilih salah satu dari 7 platform yang ada di dashboard Kartu Prakerja, baik sesuai skill maupun minat
  2. Anda akan diarahkan ke laman baru dan tata cara membeli pelatihan dengan kategori ‘Kartu Prakerja’
  3. Jika sudah memilih program pelatihan, klik tombol ‘Beli’
  4. Salin nomor Kartu Prakerja Anda di laman dashboard
  5. Tempel nomor Kartu Prakerja yang sudah disalin ke menu pembelian pelatihan
  6. Tunggu hingga transaksi berhasil
Warga membuka laman www.prakerja.go.id saat mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 di Serang, Banten, Sabtu (8/8/2020).  [ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman]
Warga membuka laman www.prakerja.go.id saat mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 di Serang, Banten, Sabtu (8/8/2020). [ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman]

Dalam 7 mitra pelatihan tersebut, ada banyak pelatihan yang dapat diambil oleh para penerima Kartu Prakerja, baik yang sesuai dengan skill maupun minat.

Nantinya, mereka harus menyelesaikan pelatihan yang dipilih untuk mendapatkan sertifikat dan memberikan rating atau survei, guna pencairan insentif.

Peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta (tidak bisa dicairkan), insentif pasca-pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali atau Rp 150 ribu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait