alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Manfaat Lari bagi Kesehatan Tubuh

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:17 WIB

7 Manfaat Lari bagi Kesehatan Tubuh
Dok: Pexels.com

Dapat menghilangkan stres.

SuaraJakarta.id - Kebanyakan orang memandang lari sebagai salah satu olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar. Ternyata tidak hanya itu, berlari masuk dalam latihan fantastis untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan membuat Anda merasa muda dan energik. Manfaat lari sangat banyak sekali, baik secara fisik maupun psikis.

7 Manfaat Lari bagi Kesehatan Tubuh

Lari adalah salah satu bentuk olahraga yang melibatkan seluruh tubuh. Mulai dari kaki, hingga lengan. Karena itu, olahraga ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaatnya!

1. Berlari Memberikan Keajaiban Bagi Kesehatan Secara Keseluruhan

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Salmon, Salah Satunya Diklaim Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat utama lari sebagai metode pencegahan penyakit kardiovaskular, serta peningkatan kesehatan jantung secara keseluruhan. Berlari secara signifikan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sehingga dapat membuat Anda tetap sehat dan bugar. Saat Anda berlari, sistem kekebalan tubuh Anda didorong oleh aktivitas yang dilakukan oleh tubuh Anda.

Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat akan kebal terhadap infeksi seperti halnya flu biasa. Mempertimbangkan semua manfaat kesehatan dari olahraga lari yang luar biasa ini, masuk akal jika mulai sekarang Anda meluangkan waktu dan mulai rasakan manfaat jogging.

2. Pencegahan Penyakit

Manfaat selanjutnya dari berlari adalah dapat membantu Anda mencegah beberapa penyakit. Dalam sebuah penelitian, dilaporkan bahwa wanita yang berlari memiliki peluang lebih kecil terkena kanker payudara.

Selain itu, berlari juga bermanfaat untuk mencegah stroke. Stroke salah satu jenis penyakit mematikan yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Salah satu cara terbaik untuk menjaga risiko stroke yaitu memulainya dengan berlari. Diawali dengan berlari-larian kecil, hingga menjadi rutinitas harian.

Baca Juga: 10 Ribu Nasabah di DIY Kena Tipu Koperasi Simpan Pinjam dan 4 Berita SuaraJogja

Berlari membantu arteri mempertahankan elastisitasnya dan menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Selain itu, orang-orang yang berada pada tahap awal diabetes, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari berlari setiap hari.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait